Tuesday, June 25, 2024

Dimensi Minat Beli Konsumen

 


Menurut Kotler dan Keller (2012:503), dimensi minat beli adalah
model stimulasi yang berusaha menggambarkan tahap-tahap rangsangan
yang mungkin dilalui oleh konsumen terhadap suatu rangsangan tertentu
yang diberikan oleh pemasar, yaitu sebagai berikut:

  1. Perhatian (Attention). Dalam tahap ini masyarakat pernah mendengar
    mengenai perusahaan atau produk yang dikeluarkan perusahaan.
  2. Minat (Interest). Minat masyarakat timbul setelah mendapatkan dasar
    informasi yang lebih terperinci mengenai perusahaan atau produk.
  3. Kehendak (Desire). Masyarakat mempelajari, memikirkan serta
    berdiskusi yang menyebabkan keinginan dan hasrat untuk membeli
    produk tersebut bertambah.
  4. Tindakan (Action). Melakukan pengambilan keputusan yang positif
    atas penawaran perusahaan. Pada tahap ini, masyarakat yang sudah
    melihat atau mendengar tantang promosi tersebut dan telah melewati
    tahap desire benar-benar mewujudkan hasratnya membeli produk.

No comments:

Post a Comment