Tuesday, June 25, 2024

Dimensi Value-Image Congruence

 


Untuk mengukur seberapa jauh value-image congruence telah
terbentuk atau tidak, maka harus diukur berdasarkan pada kedua dimensi
dari value proposition dengan dimensi dari image congruence tersebut, guna
menciptakan dimensi baru. Dimensi yang dijadikan parameter untuk value
proposition dikemukakan oleh Osterwalder & Pigneur (2010):

  1. Newness
    Merupakan komponen dari value proposition dimana perusahaan
    menawarkan sesuatu yang baru bagi pelanggan dimana penawaran
    tersebut dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Misal dalam
    smartphone setiap produk terbaru yang dikeluarkan selalu
    menawarkan fitur-fitur baru yang sebelumnya tidak pernah
    ditawarkan oleh merek smartphone lainnya.
  2. Performance
    Merupakan penciptaan nilai dengan cara meningkatkan kinerja
    suatu produk atau layanan, guna menciptakan produk atau layanan
    yang lebih baik. Sebagai contoh produsen smartphone
    meningkatkan kemampuan prosesor smartphone untuk
    memaksimalkan penggunaan smartphone.
  3. Customization
    Merupakan penciptaan nilai dengan menyesuaikan produk dan
    layanan dengan spesifik kebutuhan pelanggan individu atau
    pelanggan pada sebuah segmen tertentu. Sebagai contoh pada saat
    ini kustomisasi yang sedang gencar dilakukan oleh para produsen
    smartphone adalah peningkatan kemampuan prosesor dan kamera
    yang ada pada smartphone, hal ini dikarenakan kedua aspek
    tersebut memiliki segmen pasar yang cukup besar dalam kalangan
    para pengguna smartphone.
  4. Getting the job done
    Merupakan penciptaan nilai dengan hanya membantu pelanggan
    melakukan pekerjaan tertentu. Sebagai contoh adalah Samsung
    yang bekerjama dengan pihak Instagram guna membuat mode
    khusus Instagram didalam smartphone terbaru dari Samsung, hal
    ini untuk membantu para pegguna Instagram khususnya yang
    menggunakan media Instagram untuk melakukan pekerjaannya
    seperti salah satunya para endorsement produk.
  5. Design
    Merupakan komponen penting dari penciptaan nilai dari sebuah
    produk ataupun layanan, akan tetapi sulit untuk mengukur hal
    tersebut. Suatu produk maupun jasa dapat unggul di pasar bisa jadi
    karena hanya design yang dimiliki. Contoh paling mudah ialah
    produk smartphone dari Apple memiliki design logo yang
    dianggap memiliki keistimewaan tersendiri bagi para
    penggunanya.
  6. Brand/status
    Merupakan penciptaan nilai bagi pelanggan dengan memberikan
    status kepada pelanggan. Seperti halnya status ekonomi yang
    dapat dinilai dengan melihat smartphone yang digunakannya.
  7. Price
    Merupakan penciptaan nilai dengan menawarkan harga yang lebih
    rendah untuk sebuah produk atau layanan untuk memenuhi
    kebutuhan pelanggan dengan segmen yang sensitif terhadap harga.
    Misalnya Xiomi mengeluarkan produk dengan spesifikasi
    mumpuni namun dengan harga yang rendah, dan hal ini dinilai
    sukses dalam merebut pangsa pasar dengan segmen pelanggan
    yang memiliki pertimbangan khusus pada harga dari sebuah
    smartphone.
  8. Cost reduction
    Merupakan penciptaan nilai dengan membantu pelanggan dalam
    mengurangi biaya dari aktivitas yang dilakukan. Contohnya
    smartphone kini hadir untuk membantu pelanggan dalam
    melakukan berbagai aktivitas, seperti mengambil foto atau video,
    mengolah data, mengirim pesan, dan lain sebagainya.
  9. Risk reduction
    Penciptaan nilai dengan memberi pelanggan dalam pengurangan
    risiko yang mereka tanggung saat membeli produk atau layanan
    dari sebuah merek. Contohnya para produsen memberikan garansi
    dalam bentuk perbaikan atas kerusakan.
  10. Accessibility
    Penciptaan nilai dengan menyediakan produk dan layanan bagi
    pelanggan yang sebelumnya tidak memiliki akses ke mereka.
    Contohnya seperti teknologi yang diciptakan Razer Phone ketika
    pertama kali menciptakan smartphone game pertama didunia yang
    mana para penggunanya dapat merasakan experience bermain
    game yang lebih baik yang sebelumnya tidak pernah dirasakan di
    smartphone lainnya.
  11. Convenience/usability
    Menciptakan nilai dengan menjadikan sesuatu lebih nyaman atau
    lebih mudah digunakan oleh pelanggan. Contohnya Apple yang
    menawarkan iPod dan iTunes kepada pelanggan untuk kemudahan
    dalam mencari, membeli, mengunduh, dan mendengarkan musik
    digital.
    Selain dari komponen dari value proposition tentunya perlu dilihat
    juga komponen dari image congruence guna dapat menemukan kesesuaian
    antara kedua variable tersebut dan dapat membentuk sebuah komponen atau
    dimensi baru. Menurut Sirgy (1982) menunjukkan bahwa image congruence
    memiliki empat komponen utama, yaitu:
  12. Self-Image Congruence
    Merupakan kecenderungan pelanggan memiliki sikap yang baik
    dan niat beli terhadap produk / merek yang dianggap sesuai
    dengan citra diri mereka (Graeff, 1996).
  13. Ideal Image Congruence
    Merupakan prilaku seseorang yang didasarkan pada keinginan
    untuk memperlihatkan diri pada orang lain yang mana prilaku
    tersebut dilakukan secara konsisten.
  14. Social Image Congruence
    Merupakan kecenderungan dalam berperilaku seseorang yang sesuai
    dengan apa yang orang lain rasakan karena kebutuhan akan
    konsistensi sosial.
  15. Ideal Social Image Congruence
    Merupakan persetujuan sosial memungkinkan orang untuk
    berperilaku dengan cara yang konsisten dengan bagaimana

No comments:

Post a Comment