Sunday, June 30, 2024

Ekuitas Merek

 


Dalam sebuah produk harus memiliki merek sebagai sebuah alat
pembeda dengan produk lainnya.Sebuah merek akan mengidentifikasikan suatu
produk dengan jelas karena dalam merek itu ada hal yang disebut dengan
ekuitas merek (brand equity), yang merupakan nilai suatu merek yang bersifat
intangible. Mengelola ekuitas merek dapat meningkatkan atribut keunggulan
bersaing.
Menurut Darianto dkk (2001:4) ekuitas merek merupakan seperangkat
aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama, simbol yang
mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk
baik pada perusahaan maupun pada pelanggan.
Ekuitas Merek menurut Aaker, David A. Dalam Mahrinasari MS
(2000:22) adalah seperangkat aset dan liabillitas merek yang berkaitan dengan
suatu merek, nama dan simbol yang menambah atau mengurangi nilai yang
diberikan oleh sebuah barang atau jasa kepada perusahaan atau para pelanggan
perusahaan. Ekuitas merek merupakan aset yang dapat memberikan nilai
tersendiri di mata pelanggannya.
Sedangkan Menurut Kotler dan Keller(2009:334) ekuitas merek adalah
nilaitambah yang diberikan pada produkdan jasa, nilai ini bisa
dicerminkandalam cara konsumen berfikir, merasadan bertindak terhadap
merek, harga,pangsa pasar, dan profitabilitas yangdimiliki perusahaan.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa ekuitas merek adalah
segala kekayaan dalam suatu merek baik nama, symbol, yang secarakeseluruhan
memiliki konsep multidimensional, yang terdiri dari kesadaran merek, kualitas
yang dipersepsikan, asosiasi merek, loyalitas merek, atas nilai tambah terhadap
suatu produk sehingga meningkatkan profit perusahaan dimasa yang akan
datang

No comments:

Post a Comment