Factor - Faktor Pendukung Terbentuknya Brand Image Dalam
Keterkaitannya Dengan Asosiasi Merek :
- Keunggulan asosiasi merek (Favorability of brand association) Salah
satu factor pembentuk Brand Image adalah keunggulan produk, dimana
produk tersebut unggul dalam persaingan. Karena keunggulan kualitas
(model dan kenyamanan) dan cirri khas itulah yang menyebabkan suatu
produk mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen. - Kekuatan asosiasi merek (Strength of brand association) Contoh
membangun kepopuleran merek dengan strategi komunikasi melalui
periklanan. Setiap merek yang berharga mempunyai jiwa, suatu
kepribadian khusus adalah kewajiban mendasar bagi pemilik merek
untuk dapat mengungkapkan, mensosialisasikan jiwa/keperibadian
tersebut dalam satu bentuk iklan, ataupun bentuk kegiatan promosi dan
pemasaran lainnya. Hal itulah yang akan terus menerus yang menjadi
penghubung antara produk/merek dengan konsumen. Dengan demikian
merek tersebut akan cepat dikenal dan akan tetap terjaga ditengah-tengah
maraknya persaingan. Membangun popularitas sebuah merek tidaklah
mudah, namun demikian popularitas adalah salah satu kunci yang dapat
membentuk Brand Image. - Keunikan asosiasi merek (Uniqueness of brand association) Merupakan
keunikan-kunikan yang dimiliki oleh produk tersebut. Beberapa
keuntungan dengan terciptanya Brand Image yang kuat adalah :
a. Peluang bagin produk /merek untuk terus mengembangkan diri dan
memiliki prospek bisnis yang bagus.
c. Menciptakan loyalitas konsumen.
d. Membantu dalam efisiensi Marketing, karena merek telah berhasil
dikenal dan diingat oleh konsumen.
e. Membantu dalam menciptakan perbedaan dengan pesaing. Semakin
merek dikenal dengan masyarakat, maka perbedaan atau keunikan
baru yang diciptakan perusahaan akan mudah dikenali oleh konsumen.
f. Mempermudah dalam perekrutan tenaga kerja bagi perusahaan.
g. Meminimumkan kehancuran / kepailitan perusahaan
No comments:
Post a Comment