Sunday, June 30, 2024

Faktor keputusan Pembelian

 


Menurut (Kotler, 2012) ada dua faktor yang berada diantara niat
pembelian dan keputusan pembelian:
1) Sikap orang lain
2) Faktor situasi yang tidak terantisipasi yang dapat mengubah
niat pembelian
Adapun penjelasan dari yang dapat mempengaruhi faktor
keputusan pembelian:

  1. Sikap orang lain.
    Sejauh mana sikap orang lain mengurangi alternatif yang
    disukai seseorang akan tergantung pada dua hal, yaitu intensitas
    sikap negatif orang lain terhadap alternatif yang disukai
    konsumen, dan motivasi konsumen untuk menuruti keinginan
    orang lain. Semakin gencar sikap negatif orang lain dan semakin
    dekat orang tersebut dengan konsumen maka semakin besar
    konsumen akan mengubah niat pembeliannya. Dan sebliknya
    preferensi seorang pembeli terhadap sssuatu merek yang sama
    maka pengaruh orang lain menjadi rumit saat beberapa orang
    yang dekat dengan pembeli memiliki pendapatan yang
    berlawanan dan pembeli ingin menyenangkan mereka semua.
  2. Faktor situasi yang tidak terantisipasi yang dapat muncul dan
    mengubah niat pembelian
    Keputusan konsumen untuk menimbang, menunda, atau
    menghindari suatu keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh
    risiko yang dirasakan. Pemasar harus memahami faktor-faktor
    yang menimbulkan perasaan adanya risiko dalam diri konsumen
    dan memberikan informasi serta dukungan untuk mengurangi
    risiko yang dirasakan

No comments:

Post a Comment