Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian menurut Kotler
(2016) dipengaruhi oleh empat faktor sebagai berikut :
1) Faktor Budaya
Budaya, sub budaya, dan kelas sosial merupakan hal yang sangat
penting dalam terbentuknya perilaku pembelian. Budaya merupakan salah satu
faktor penentu keinginan dan perilaku konsumen yang paling dasar.
2) Faktor Sosial
a. Kelompok acuan
Kelompok acuan dalam perilaku pembelian konsumen dapat diartikan
sebagai kelompok yang berpengaruh secara langsung atau tidak langsung
terhadap sikap atau perilaku seseorang.
b. Keluarga
Keluarga dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu keluarga orientas yang
terdiri dari orang tua dan saudara kandung seseorang yang dapat memberikan
orientasi agama, politik, dan ekonomi serta ambisi pribadi, harga diri, dan
cinta. Selanjutnya itu ada keluarga prokreasi yang terdiri dari pasangan dan
jumlah anak.
c. Pribadi
- Usia dan siklus hidup keluarga Orang membeli barang dan jasa tentunya
mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda sepanjang hidupnya dimana
kegiatan konsumsi ini dipengaruhi oleh faktor usia dan siklus hidup
keluarga. - Pekerjaan dan lingkungan ekonomi, Pekerjaan dan lingkungan ekonomi
seseorang dapat mempengaruhi kebutuhannya. Biasanya pemilihan
produk juga dipertimbangkan berdasarkan keadaan ekonomi seseorang
seperti besarnya penghasilan yang dimiliki, jumlah tabungan, utang dan
sikap terhadap belanja atau menabung. - Gaya hidup, Gaya hidup dapat diartikan sebagai sebuah pola hidup
seseorang yang terungkap dalam aktivitas, minat dan opininya yang
terbentuk melalui kelas sosial dan pekerjaan. Melihat hal ini sebagai
peluang dalam kegiatan pemasaran, banyak pemasar atau penjual yang
mengarahkan merek mereka pada gaya hidup seseorang. - Kepribadian, Kepribadian merupakan ciri bawaan psikologis manusia
yang berbeda yang menghasilkan tanggapan relatif konsisten dan tahan
lama terhadap rangsangan lingkungannya. Kepribadian dapat menjadi
variabel yang sangat berguna dalam menganalisis pilihan merek
konsumen. Hal ini disebabkan karena beberapa kalangan konsumen akan
memilih merek yang cocok dengan kepribadiannya.
3) Faktor Psikologis
Faktor psikologis ini dipengaruhi oleh empat faktor utama diantaranya
motivasi, persepsi, pembelajaran, serta keyakinan dan sikap.
4) Faktor Peran dan Status
Semakin tinggi peran seseorang dalam organisasi maka semakin tinggi
pula status seseorang dalam organisasi tersebut dan secara langsung dapat
berdampak pada perilaku pembeliannya.
No comments:
Post a Comment