Wednesday, June 26, 2024

Indikator Brand Awareness

 


Setiap kegiatan pemasaran selalu berupaya untuk memperoleh tingkat
kesadaran merek yang lebih tinggi sebagai top of mind. Jika suatu merek tidak
berada dalam benak konsumen, merek tersebut tidak dipertimbangkan di benak
konsumen. Biasanya merek-merek yang disimpan dalam ingatan konsumen adalah
merek yang disukai atau merek yang dibenci oleh konsumen (Durianto dalam sari
dkk, 2017: 205)
Menurut Keller (dalam Winadi, 2017: 3), ada empat indikator yang dapat
digunakan untuk mengetahui seberapa jauh konsumen aware terhadap sebuah
brand, yaitu :

  1. Recall, yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengingat ketika ditanya merek
    apa saja yang diingatnya. Nama merek yang sederhana, mudah diingat, mudah
    diucapkan, dan memiliki arti yang jelas membuat suatu merek mudah muncul
    dalam ingatan konsumen.
  2. Recognition, yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengenali merek tersebut
    termasuk kedalam kategori produk tertentu.
  3. Purchase, yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengenali merek tersebut
    termasuk pilihan ketika akan membeli sebuah produk.
  4. Consumption, yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengenali suatu merek
    ketika sedang menggunakan merek pesaing

No comments:

Post a Comment