Sunday, June 30, 2024

Indikator Brand Awareness

 


Menurut Aeker (1996) pengukuran brand awareness yaitu top of mind,
brand recognition, brand recall. Top of mind menurut Clow & Baack (2014)
adalah ketika konsumen konsumen diminta untuk mengidentifikasi merek yang
dengan cepat ada dalam pikiran anda dari kategori produk tertentu. Kemudian
Brand recognition (pengenalan merek) memembutuhkan penekanan pada
presentasi visual dari produk dan logo. Brand recognition tujuannya untuk
menciptakan atau memperkuat hubungan mental dengan cara meningkatkan
jangkauan media yang tepat untuk digunakan (Clow & Baack, 2014). Memperkuat
atau membuat tautan antara merek dan simpul-simpul informasi lain yang ada
dalam struktur pengetahuan orang tersebut menjadi tujuan brand recognition.
Pengulangan untuk mengingat merek (brand recall) membantu menanamkan
merek dalam memori kognitif konsumen. Pengulangan untuk mengingatkan merek
membantu konsumen untuk menanamkan merek dalam memori kognitif,
contohnya ketika iklan 30 detik mengulangi nama restoran tujuh kali, menjadi lebih
mudah diingat ketika dinyatakan hanya sekali atau dua kali. Upaya untuk
meningkatkan brand recall adalah frekuensi lebih penting dibandingkan jangkauan
pemasaran

No comments:

Post a Comment