Ekuitas merek ini terbentuk dari 4 dimensi yang bisa dijadikan indikator
dalam menilai brand equity. Indikator ekuitas merek menurut Shimp (2013: 33)
adalah sebagai berikut :
- Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Kesadaran merek merupakan suatu kesanggupan konsumen untuk
mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu brand adalah suatu bagian
dari kategori produk tertentu. Dalam hal ini kesadaran merek merupakan
suatu elemen identitas yang sangat penting bagi perusahaan. - Persepsi Kualitas (Perceived Quality)
Persepsi kualitas adalah suatu persepsi yang dimiliki oleh konsumen
terhadap keseluruhan kualitas atau kelebihan dari suatu produk dengan
brand tertentu yang berkaitan dengan apa yang diharapkan konsumen. - Asosiasi Merek (Brand Associations)
Brand associations adalah seluruh kesan yang timbul dan berhubungan
dengan ingatan konsumen tentang suatu brand. Asosiasi merek ini
menggambarkan pencitraan suatu brand terhadap suatu kesan tertentu dalam
hubungannya dengan manfaat, atribut, pesaing, kebiasaan, harga, dan lain
sebagainya. - Loyalitas Merek (Brand Loyalty)
Brand loyalty adalah suatu ukuran kedekatan atau keterkaitan konsumen
pada suatu merek. Ukuran tersebut mencerminkan tentang mungkin
tidaknya seorang konsumen akan beralih atau berpaling ke brand yang lain
No comments:
Post a Comment