Sunday, June 23, 2024

Harga

 


Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa atau
jumlah dari nilai yang ditukar pelanggan atas manfaat-manfaat karena memiliki
atau menggunakan produk atau jasa tersebut (Kotler dan Amstrong, 2012:43).
Sedangkan menurut Alma (2016:169), harga merupakan atribut yang melekat pada
suatu barang, yang memungkinkan barang tersebut dapat memenuhi kebutuhan
(needs), keinginan (wants), dan memuaskan konsumen (satisfaction).
Menurut Daryanto (2013:62), harga adalah jumlah uang yang ditagihkan untuk
suatu produk atau sejumlah nilai yang diperlukan konsumen untuk manfaat
memiliki atau menggunakan produk. Dan ditambahkan lagi oleh Tjiptono
(2012:439) bahwa agar dapat sukses dalam memasarkan suatu barang atau jasa,
setiap perusahaan harus menetapkan harganya secara tepat.
Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan
pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan, sedangkan ketiga unsur lainnya
(produk, tempat dan promosi) menyebabkan timbulnya biaya atau pengeluaran.
Dapat disimpulkan bahwa harga adalah suatu nilai yang diperlukan pelanggan
untuk ditukarkan pada produk atau jasa agar dapat memiliki atau menggunakan
produk atau jasa tersebut untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan
yang dapat memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan. Banyak
faktor yang mempengaruhi pembuatan keputusan penentuan harga jual baik dari
lingkungan internal maupun lingkungan eksternal perusahaan. Faktor-faktor yang
mempengaruhi penetapan harga menurut Hasan (2013:304) yaitu:

  1. Kondisi Perekonomian
    Kondisi ekonomi (inflasi, booming, atau resesi, tingkat suku bunga)
    kebijakan serta peraturan pemerintah, dan aspek sosial (kepedulian terhadap
    lingkungan) sangat mempengaruhi tingkat harga yang berlaku, khususnya
    nilai tukar rupiah atas mata uang asing (dollar Amerika untuk kasus
    Indonesia), berdampak pada peningkatan harga berbagai barang khususnya
    impor barang dengan kandungan impor kebijakan uang ketat oleh
    pemerintah yang membuat peredam uang rupiah terhadap dollar akan
    mempengaruhi penetapan bunga.
  2. Elastisitas Harga
    Elastisitas permintaan akan mempengaruhi penentuan harga dan volume
    yang dapat dijual. Untuk beberapa jenis barang, harga dan volume penjualan
    ini berbanding tebal, artinya jika terjadi kenaikan harga maka penjualan
    akan menurun dan sebaliknya jika penurunan harga maka volume penjualan
    akan meningkat. Lebih dari itu setiap perubahan pada harga akan
    memunculkan berbagai respon dari konsumen.
  3. Faktor yang tidak berkaitan dengan harga
    Pelanggan mungkin bersedia membayar harga premium (jaminan,
    pelayanan) atau justru mengorbankan beberapa manfaat dari sebuah produk
    demi harga yang lebih rendah
  4. Tujuan perusahaan
    Penetapan harga suatu produk sering dikaitkan dengan tujuan-tujuan yang
    akan dicapai oleh perusahaan, setiap perusahaan tidak selalu mempunyai
    tujuan yang sama dengan perusahaan lainnya yang ingin dicapai dan
    dinyatakan secara eksplisit.
  5. Faktor legal dan etis
    Faktor legal dan etis perlu dipertimbangkan, keduanya mempengaruhi
    strategi harga.
  6. Bauran pemasaran
    Penetapan harga harus dikoordinasikan dan saling mendukung dengan
    bauran pemasaran lainnya yaitu produk, distribusi dan promosi.
  7. Biaya
    Biaya merupakan faktor dasar dalam penentuan harga yang minimal, sebab
    tingkat harga yang tidak dapat menutup biaya akan mengakibatkan
    kerugian. Sebaliknya, apabila tingkat harga diatas semua biaya, maka akan
    menghasilkan keuntungan. 

No comments:

Post a Comment