Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa atau
jumlah dari nilai yang ditukar pelanggan atas manfaat-manfaat karena memiliki
atau menggunakan produk atau jasa tersebut (Kotler dan Amstrong, 2012:43).
Sedangkan menurut Alma (2016:169), harga merupakan atribut yang melekat pada
suatu barang, yang memungkinkan barang tersebut dapat memenuhi kebutuhan
(needs), keinginan (wants), dan memuaskan konsumen (satisfaction).
Menurut Daryanto (2013:62), harga adalah jumlah uang yang ditagihkan untuk
suatu produk atau sejumlah nilai yang diperlukan konsumen untuk manfaat
memiliki atau menggunakan produk. Dan ditambahkan lagi oleh Tjiptono
(2012:439) bahwa agar dapat sukses dalam memasarkan suatu barang atau jasa,
setiap perusahaan harus menetapkan harganya secara tepat.
Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan
pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan, sedangkan ketiga unsur lainnya
(produk, tempat dan promosi) menyebabkan timbulnya biaya atau pengeluaran.
Dapat disimpulkan bahwa harga adalah suatu nilai yang diperlukan pelanggan
untuk ditukarkan pada produk atau jasa agar dapat memiliki atau menggunakan
produk atau jasa tersebut untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan
yang dapat memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan. Banyak
faktor yang mempengaruhi pembuatan keputusan penentuan harga jual baik dari
lingkungan internal maupun lingkungan eksternal perusahaan. Faktor-faktor yang
mempengaruhi penetapan harga menurut Hasan (2013:304) yaitu:
- Kondisi Perekonomian
Kondisi ekonomi (inflasi, booming, atau resesi, tingkat suku bunga)
kebijakan serta peraturan pemerintah, dan aspek sosial (kepedulian terhadap
lingkungan) sangat mempengaruhi tingkat harga yang berlaku, khususnya
nilai tukar rupiah atas mata uang asing (dollar Amerika untuk kasus
Indonesia), berdampak pada peningkatan harga berbagai barang khususnya
impor barang dengan kandungan impor kebijakan uang ketat oleh
pemerintah yang membuat peredam uang rupiah terhadap dollar akan
mempengaruhi penetapan bunga. - Elastisitas Harga
Elastisitas permintaan akan mempengaruhi penentuan harga dan volume
yang dapat dijual. Untuk beberapa jenis barang, harga dan volume penjualan
ini berbanding tebal, artinya jika terjadi kenaikan harga maka penjualan
akan menurun dan sebaliknya jika penurunan harga maka volume penjualan
akan meningkat. Lebih dari itu setiap perubahan pada harga akan
memunculkan berbagai respon dari konsumen. - Faktor yang tidak berkaitan dengan harga
Pelanggan mungkin bersedia membayar harga premium (jaminan,
pelayanan) atau justru mengorbankan beberapa manfaat dari sebuah produk
demi harga yang lebih rendah - Tujuan perusahaan
Penetapan harga suatu produk sering dikaitkan dengan tujuan-tujuan yang
akan dicapai oleh perusahaan, setiap perusahaan tidak selalu mempunyai
tujuan yang sama dengan perusahaan lainnya yang ingin dicapai dan
dinyatakan secara eksplisit. - Faktor legal dan etis
Faktor legal dan etis perlu dipertimbangkan, keduanya mempengaruhi
strategi harga. - Bauran pemasaran
Penetapan harga harus dikoordinasikan dan saling mendukung dengan
bauran pemasaran lainnya yaitu produk, distribusi dan promosi. - Biaya
Biaya merupakan faktor dasar dalam penentuan harga yang minimal, sebab
tingkat harga yang tidak dapat menutup biaya akan mengakibatkan
kerugian. Sebaliknya, apabila tingkat harga diatas semua biaya, maka akan
menghasilkan keuntungan.
No comments:
Post a Comment