Media sosial memiliki karakteristik khusus yang tidak dimiliki oleh
beberapa media siber lainnya. Ada batasan-batasan dan ciri khusus tertentu yang
hanya dimiliki oleh media sosial dibanding dengan media lainnya. Adapun
karakteristik media sosial menurut Nasrullah (2015) sebagai berikut :
- Jaringan
Jaringan (network) berarti infrastruktur komputer (hardware) yang
menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain. Hubungan atau
koneksi sangat urgen karena dengan adanya koneksi maka terjadi
komunikasi antar komputer melalui jaringan tersebut. Media sosial
memiliki karakter jaringan sosial, membentuk jaringan antara
penggunanya, baik kenal atau tidak. Mekanisme teknologi inilah yang
akan membentuk ikatan sosial. Media sosial terbangun dari struktur sosial
yang terbentuk di dalam jaringan atau internet. Jaringan dari sisi lain yaitu
jaringan sosial di media sosial terbentuk melalui perangkat teknologi,
internet tidak sekedar alat (tool). Internet memberikan andil terhadap
munculnya ikatan sosial melalui interaksi internet. Nilai-nilai dalam
masyarakat virtual sampai dalam struktur sosial secara online.
- Informasi
Informasi menjadi entitas yang amat penting dari media sosial karena
mereka sharing dengan informasi dari konten yang mereka sebarkan
melalui jaringan yang ada. Mereka berhubungan satu sama lain melalui
konten informasi. Jadi Informasi menjadi komoditas dalam masyarakat
informasi (information society). Informasi diproduksi, disebarkan,
dipertukarkan, dikemas ulang, disimpan, dan dikonsumsi yang menjadikan
informasi sebagai produk yang bernilai sebagai bentuk baru dari
kapitalisme produk. Informasi dalam media sosial memiliki ciri bahwa
informasi yang dikodekan (encoding) yang kemudian didistribusikan
melalu berbagai perangkat sampai dapat terakses oleh pengguna
(decoding). Informasi inilah yang menjadi sarana saling berinteraksi satu
sama lain. Dari sisi lain, informasi menjadi komoditas yang ada di media
sosial. Setiap anggota yang ingin bergabung harus menyertakan identitas
pribadinya. - Arsip
Arsip menjadi karakter bahwa informasi yang sudah diunggah akan
tersimpan dan siap untuk diakses setiap saat. Bahkan dalam proses
penyimpan bisa terjadi kapitalisasi penyimpanan tidak hanya di tempat
kapan memproduksi informasi tersebut tetapi dapat disimpan oleh orang
yang pernah mengaksesnya dan melakukan proses penyimpanan. - Interaksi
Terbentuknya jaringan komunikasi antar pengguna menunjukkan bahwa
interaksi antar pengguna tersebut tidak sekedar memperluas hubungan
pertemanan atau follower (pengikut) di dunia maya, tetapi dapat
memberikan tanda emosi (emotion icon), mengomentari, mendesain ulang
informasi bahkan men-share media lain dengan aplikasi lain pula. Di sisi
lain, interaksi tidak sebagaimana pada media lama, penerima hanya
menerima tidak dapat langsung memberikan respon atau tidak dapat
mengemas kembali informasi yang ada kemudian men-share-nya. Interaksi
ini juga tidak mengenal waktu, ruang, gender wilayah dan lain sebagainya. - Simulasi Sosial
Simulasi terjadi sebagaimana terjadi dalam kenyataan berinteraksi di dunia
nyata, namun walaupun tidak merupakan realitas, tetapi itulah yang terjadi
pada realitas tersendiri dalam media sosial. Simulasi terjadi bila terjadi
komunikasi melalui antarmuka (interface) harus masuk (login) terlebih
dahulu. Kemudian pengguna pun harus melibatkan keterbukaan identitas
yang tidak saja dibaca oleh pengguna yang sedang mengakses tetapi bisa
diakses oleh siapa saja. - Konten oleh Pengguna
Konten merupakan ciri dari pemilik akun media sosial. Konten juga
dimungkinkan diproduksi oleh pengguna lain. Di mana pengguna di satu
sisi sebagai produsen konten tetapi di sisi lain juga menjadi konsumen
konten tersebut. - Penyebaran (Share/sharing)
Medium ini tidak hanya menghasilkan konten yang dibangun dari dan
dikonsumsi oleh penggunanya, tetapi juga didistribusikan sekaligus
dikembangkan oleh penggunanya. Penyebaran dapat melalui kontennya
dan juga melalui perangkatnya yang dapat memperluas jangkauan konten
tersebut. Umumnya media sosial mempunyai fasilitas tombol share pada
perangkatnya.
No comments:
Post a Comment