Monday, June 17, 2024

Keputusan Pembelian

 


Menurut Kotler dan Amstrong (2012:226), keputusan pembelian
adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan pembelian dimana
konsumen benar-benar akan membeli. Keputusan pembelian merupakan
kegiatan individu, kelompok atau organisasi yang terlibat secara langsung
dalam pengambilan keputusan pembelian produk yang ditawarkan oleh
produsen kepada konsumen. Pelanggan juga membentuk niat untuk
membeli produk dengan melalui tahap–tahap dalam keputusan pembelian.
Menurut Kotler (2013:223), keputusan pembelian merupakan tahapan
yang dilakukan olelh konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian
suatu produk. Menurut Schiffman & Kanuk (2013:547), keputusan
pembelian adalah pemilihan dari dua atau lebih alternative pilihan
keputusan pembelian, artinya bahwa seseorang dapat membuat keputusan,
harus tersedia beberapa alternatif pilihan.
a) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Kebanyakan perusahaan besar meneliti keputusan membeli
konsumen secara amat rinci untuk menyatakan pertanyaan mengenai
apa yang dibelikonsumen, bagaimana dan berapa banyak mereka
membeli, serta mengapamereka membeli. Salah satu cara untuk
membentuk hal tersebut adalahdengan mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi pembelian. Menurut Kotler dan Keller (2016:262),
faktor-faktor yang mempengaruhi tingkah laku konsumen itu sendiri
adalah budaya, sosial, pribadi, dan psikologis.
Karakteristik yang mempengaruhi perilaku konsumen menurut
Kotler & Amstrong (2012) antara lain:

  1. Faktor Budaya
    a. Budaya (Culture) adalah kumpulan nilai dasar persepsi,
    keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh anggota
    masyarakat dari keluarga dan institusi penting lainnya.
    b. Subbudaya (Subculture) adalah kelompok masyarakat yang
    berbagi system nilai berdasarkan pengalaman hidup dan situasi
    yang umum.
    c. Kelas Sosial (social class) adalah pembagian masyarakat yang
    relative permanen dan berjenjang dimana anggotannya berbagi
    nilai, minat, dan perilaku yang sama.
  2. Faktor Sosial
    a. Kelompok (group) adalah dua atau lebih orang yang
    berinteraksi untuk mencapai tujuan pribadi atau tujuan
    bersama.
    b. Keluarga adalah organisasi pembelian konsumen yang paling
    penting dalam masyarakat dan telah diteliti secara ekstensif.
    c. Peran dan status, posisi seseorang dalam masing – masing
    kelompok.
  3. Faktor Pribadi
    a. Usia dan Tahap Siklus Hidup, orang mengubah barang dan
    jasa yang mereka beli sepanjang hidup mereka. Selera
    makanan, pakaian, perabot, dan rekreasi sering berhubungan
    dengan usia. Pembelian juga dibentuk oleh tahap siklus hidup
    keluarga.
    b. Pekerjaan, pekerjaan seseorang mempengaruhi barang dan jasa
    yang mereka beli.
    c. Situasi Ekonomi, situasi ekonomi seseorang akan
    mempengaruhi pilihan produk.
    d. Gaya Hidup (lifestyle) adalah pola hidup seseorang yang
    diekspresikan dalam keadaan psikografisnya.
    e. Kepribadian dan Konsep Diri, kepribadian (personality) adalah
    karakteristik psikolologi unik seseorang yang menyebabkan
    respons yang relative konsisten dan bertahan lama terhadap
    lingkungan oang itu sendiri. Gagasan dasar konsep diri adalah
    bahwa kepemilikan seseorang menunjukkan dan
    mencerminkan identitas mereka.
  4. Faktor Psikologis
    a. Motivasi, motif (atau dorongan), adalah kebutuhan dengan
    tekanan kuat yang mengarahkan seseorang mencari kepuasan.
    b. Persepsi (perception), adalah proses dimana orang memilih,
    mengatur dan menginterprestasikan informasi untuk
    membentuk gambaran dunia yang berarti.
    c. Pembelajaran (learning), menggambarkan perubahan dalam
    perilaku seseorang yang timbul dari pengalaman.
    d. Keyakinan dan Sikap, keyakinan (belief) adalah pemikiran
    deskriptif yang dimiliki seseorang tentang sesuatu. Sikap
    (attitude) menggambarkan evaluasi, perasaan, dan tendensi
    yang relative konsisten dari seseorang terhadap sebuah objek
    atau ide.

No comments:

Post a Comment