Sunday, June 30, 2024

Kesadaran Merek

 


Kesadaran Merek adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk
mengenali, mengingat kembali suatu merek sebagai bagian dari suatu kategori
produk. FreddyRangkuti (2009:39), kesadaran merek adalah kesanggupan
seseorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu
merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu.
Menurut Durianto, dkk (2017:54) Brand awareness adalah kesanggupan
seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali suatu merek
sebagai bagian dari suatu kategori produk tertentu. Masyarakat lebih cenderung
menyukai atau membeli merek yang sudah dikenal karena mereka merasa aman
dengan sesuatu yang dikenal.
Menurut Putri dan Suasana (2018) brand awareness dihubungkan pada
kuatnya kesan yang tersimpan dalam memori yang direfleksikan pada
kemampuan pelanggan untuk mengingat kembali atau mengenali kembali
sebuah merek didalam kondisi yang berbeda.
Ada empat tingkatankesadaran merek. Piramida kesadaranmerek dari
tingkat terendah sampaitingkat tertinggi adalah sebagaiberikut :

  1. Unaware Of Brand (TidakMenyadari Merek)
    Adalah tingkat paling rendah dalampiramida kesadaran merek,
    dimanakonsumen tidak menyadari adanyasuatu merek.
  2. Brand Recognition (PengenalanMerek)
    Adalah tingkat minimal kesadaranmerek, dimana pengenalan
    suatumerek muncul lagi setelah dilakukanpengingatan kembali lewat
    bantuan(aided recall).
  3. Brand Recall (PengingatanKembali Terhadap Merek)
    Adalah pengingatan kembali terhadapmerek tanpa bantuan (unaided
    recall)karena berbeda dari tugas pengenalan, responden tidak dibantu
    untukmemunculkan merek tersebut.
  4. Top Of Mind (Puncak Pikiran)
    Adalah merek yang disebutkanpertama kali oleh konsumen atauyang
    pertama kali muncul dalambenak konsumen. Dengan kata lain,merek
    tersebut merupakan merekutama dari berbagai merek yang adadalam
    benak konsumen

No comments:

Post a Comment