Brand menurut Herdiana dalam buku manajemen strategi pemasaran,
brand adalah aset kuat yang harus dikembangkan dan dikelola secara seksama.
Brand lebih dari sekedar dan lambang. Merek adalah elemen kunci dalam
membawa nama besar perusahaan kepada konsumen dan mereputasikan
persepsi dan perasaan konsumen atas sebuah produk serta semua hal tentang
arti produk dan jasa kepada konsumen dan brand akan membentuk hubungan
yang kuat dengan pelanggan. (Herdiana 2015:82)
Menurut Tjiptono dalam buku Strategi Pemasaran manfaat merek bagi
produsen adalah sebagai berikut:
- Sarana identifikasi untuk memudahkan proses penanganan atau pelacakan
produk bagi perusahaan, terutama dalam pengorganisasian persediaan dan
pencatatan akuntansi. - Bentuk proteksi hukum terhadap fitur atau aspek produk yang unik. Merek
bisa mendapatkan perlindungan properti intelektual. - Signal tingkat kualitas bagi para pelanggan yang puas, sehingga mereka bisa
dengan mudah memilih dan membelinya lagi di lain waktu. - Sarana menciptakan asosiasi dan makna yang unik yang membedakan
produk dari pesaing. - Sumber keunggulan kompetitif, terutama melalui perlindungan hukum,
loyalitas pelanggan, dan citra unik yang terbentuk dalam benak konsumen. - Sumber finansial returns, terutama menyangkut pendapatan masa datang.
(Tjiptono, 2015)
No comments:
Post a Comment