Sunday, June 30, 2024

Pengaruh Brand Awareness dengan Keputusan Pembelian

 Kesadaran merek mempengaruhi pembentukan dan tingkat asosiasi yang

membentuk citra merek. Konsumen mempertimbangkan merek, saat mereka
melakukan pembelian yang dapat diterima atau untuk memenuhi suatu kebutuhan.
Menurut Ferrinadewi (2008) brand awareness menjadi penting karena brand
awareness menjadi kondisi yang sangat diperlukan ke dalam pertimbangan
konsumen dalam proses keputusan pembelian. Dikutip dari jurnal karya Moisescu
(2009) yang berjudul “The Importance of Brand Awareness in Consumers’ Buying
Decision & Perceived Risk Assesment” dikatakan bahwa kesadaran merek sangat
penting dalam pengambilan keputusan pembelian karena dengan demikian
konsumen dapat mudah untuk mengingat merek dalam konteks kategori produk
tertentu, kesadaran meningkatkan probabilitas bahwa merek akan menjadi
kelompok pertimbangan mereka. Kesadaran juga mepengaruhi keputusan tentang
merek dalam sekelompok pertimbangan, bahkan tanpa adanya asosiasi merek.
Kesadaran merek adalah kesan pelanggan terhadap suatu merek. Dimensi ini
mencerminkan seberapa banyak pelanggan mengetahui dan memahami merek
tersebut. Kesadaran merek mewujudkan kekuatan kehadiran merek dalam pikiran
konsumen (Aaker, 1996). Hal tersebut dipandang sebagai komponen utama dari
efek merek dalam keramahan dan pariwisata (Kim dan Kim, 2004) Banyak ahli
(Kwun dan Oh, 2004; Oh, 2000) menemukan kesadaran merek untuk menghasilkan
nilai pelanggan dan untuk meningkatkan kinerja perusahaan perhotelan (Kim dan
Kim, 2005). Menurut Rizal & Wali (2013) dari penelitian yang mereka lakukan
dimensi kesadaran merek perlu ditingkatkan di industri perhotelan hal tersebut
disebabkan dimensi kesdaran merek dapat mempertinggi kecenderungan konsumen
untuk memilih jasa atau layanan perhotelan yang ditawarkan kepada kosumen.

No comments:

Post a Comment