Darmansyah et al. (2014) menyatakan agar suatu iklan menarik
perhatian konsumen maka diperlukan kreativitas dalam pembuatan suatu iklan,untuk itu diperlukan suatu strategi yang kreatif, salah satu dengan
menggunakan seorang sosok yang memiliki charisma dan kemampuan dalam
mempengaruhi orang banyak, didalam dunia bisnis disebut dengan Celebrity
Endorser. Penggunaan selebriti yang tepat, memudahkan produsen untuk
membangun image produk dan membidik secara efektif konsumen dari produk
mereka, sekaligus dapat meningkatkan penjualan produk mereka yang akan
dijual dipasaran (Darmansyah,dkk, 2014).
Menurut Shimp, Celebrity Endorser adalah menggunakan artis sebagai
bintang iklan di media-media, mulai dari media cetak, media sosial, maupun
media televisi. Tidak hanya itu, selebriti digunakan karena berbagai atribut
yang melekat pada diri selebriti diantaranya daya Tarik, talenta, dan lain
sebagainya (Wahyuati,2016).
Kotler & Keller (2009:519) menjelaskan bahwa celebrity endorser
merupakan penggunaan narasumber (source) sebagai figure yang menarik atau
popular dalam iklan, hal tersebut merupakan cara yang cukup kreatif untuk
menyampaikan pesan agar pesan yang disampaikan dapat memperoleh
perhatian yang lebih tinggi serta dapat di ingat. Pada kegiatan pemasaran
penggunaan endorser sebuah produk dipercaya dapat mendongkrak penjualan
produk, endorser dapat menarik minat konsumen
terhadap produk sehingga konsumen tertarik untuk mengkonsumsi produk
yang di iklankan ( Khoiruman, 2015). Selebriti sebagai endorser dipercaya
dapat mempengaruhi minat beli konsumen untuk dapat mendongkrak
penjualan produk (Kiswalini dan Nurcahya,2014)
No comments:
Post a Comment