Sunday, June 30, 2024

Pengertian Kesadaran Merk (Brand Awareness)

 


Menurut Durianto kesadaran merek (brand awareness) adalah elemen
ekuitas yang sangat penting bagi perusahaan karena kesadaran merek dapat
berpengaruh secara langsung terhadap ekuitas merek. (Asri dan Rozy, 2018: 272)
Kesadaran konsumen terhadap merek dapat digunakan oleh perusahaan
sebagai sarana untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai
suatu merek kepada konsumen. Kesadaran tersebut berupa kecenderungan
konsumen membeli suatu merek yang sudah dikenal, karena dengan membeli
merek yang sudah dikenal, mereka merasa aman terhindar dari berbagai resiko
pemakaian. Kesadaran merek (brand awareness) diartikan sebagai kemampuan
pelanggan potensial untuk mengenali atau mengingat merek tersebut yang
merupakan bagian dari kategori produk tersebut. (Kartajaya dalam Asri & Rozy
Khadafi, 2018: 272)
Dalam jurnal yang berjudul “Pengaruh Brand Awareness Terhadap
Keputusan Pembelian Amdk Merek Aqua” bahwa brand awareness adalah
kesanggupan dan kemampuan seorang calon konsumen untuk dapat mengenali
bagian dari suatu merek atau mengingat kembali suatu merek adalah bagian dari
sebuah kategori tertentu. (Krisnawati, 2016:9)
Keller mendefinisikan bahwa kesadaran merek terkait dengan kekuatan
merek di memori, yang dapat diukur sebagai kemampuan konsumen dalam
mengidentifikasikan merek dengan kondisi yang berbeda. (Anik & Eka, 2018: 192).

No comments:

Post a Comment