Sunday, June 30, 2024

Pengertian Public Relations

 


Menurut Frank Jefkins, dalam (Maryam & Priliantini, 2018) “Public
Relations yaitu sesuatu yang merangkum keseluruhan komunikasi yang terancana,
baik kedalam mapupun keluar organisasi dengan publiknya dalam rangka
mencapai tujuan-tujuan spesifik yang dilandaskan pada saling pengertian”.
Selanjutnya J.C Seidel dalam (D.P Kussanti & Leliana, 2018)
mengatakan bahwa “ Public Relations adalah proses kontinyu dari usaha-usaha
menajemen untuk memperoleh goodwill (itikad baik) dan pengertian dari
pelanggan, pegawai, dan publik yang lebih luas”.
Istilah Public Relations jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia
berarti hubungan publik. Pengertian publik itu sendiri adalah sekelompok orang
yang menaruh perhatian pada semua hal yang sama, minat dan kepentingan yang
sama. Publik itu sendiri dapat merupakan grup kecil yang terdiri atas orang-orang
dengan jumlah yang sedikit, atau grup besar. Biasanya individu-individu yang
termasuk ke dalam kelompok ini mempunyai rasa solidaritas terhadap
kelompoknya, walaupun tidak terikat dalam struktur yang nyata dan tidak ada
dalam suatu tempat atau ruangan serta tidak mempunyai hubungan secara
langsung.

No comments:

Post a Comment