Berikut ini adalah beberapa peran selebriti sebagai model iklan
yang bisa digunakan perusahaan dalam sebuah iklan (Schiffman dan
Kanuk, 2013:65-74):
a. Testimonial, jika secara personal selebriti menggunakan produk
tersebut maka pihak dia bisa memberikan kesaksian tentang
kualitas maupun benefit dari produk atau merek yang diiklankan
tersebut.
b. Endorsement, ada kalanya selebriti diminta untuk membintangi
iklan produk dimana dia secara pribadi tidak ahli dalam bidang
tersebut.
c. Actor, selebriti diminta untuk mempromosikan suatu produk atau
merek tertentu terkait dengan peran yang sedang ia bintangi
dalam suatu program tayangan tertentu.
d. Spokeperson, selebriti yang mempromosikan produk, merek atau
suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu masuk dalam
kelompok peran spokerperson. Penampilan mereka akan
diasosiasikan dengan merek atau produk yang mereka wakili.
Penggunaan selebriti sebagai bintang iklan diyakini memiliki
daya tarik tersendiri. Selain memiliki keuntungan publisitas dan
kekuatan memperoleh perhatian dari konsumen, selebriti juga
mempunyai kekuatan untuk dijadikan sebagai alat untuk membujuk,
merayu, serta mempengaruhi konsumen sasaran, yaitu dengan
ketenaran yang dimilikinya. Dengan memanfaatkan ketenaran tersebut
diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk melakukan
pembelian terhadap produk yang diiklankannya.
No comments:
Post a Comment