Sunday, June 30, 2024

Personal Selling

 


Personal selling merupakan komunikasi langsung antara penjual dengan
calon pembeli untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan
membentuk pemahaman kebutuhan pelanggan terhadap produk sehingga mereka
kemudian akan mencoba dan membelinya (Shinta,.2004) . Penjualan tatap muka
seperti ini merupakan cara yang efektif untuk membujuk , mengkomunikasikan
pilihan pembeli, keyakinan pembeli dan Tindakan pembeli pada tingkat tertentu
dalam proses pembelian. Personal selling adalah interaksi antar individu, saling
bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai atau
mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak
lain.
Kegiatan personal selling merupakan komunikasi langsung (tatap muka)
antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada
calon pelanggan untuk membentuk pemahaman pelanggan terhadap suatu produk
tersebut. Maka dari itu kegiatan ini para sales yang melakukan kegiatan komunikasi
pemasaran ini harus membekali skill yang mumpuni. Karena strategi komunikasi
pemasaran personal selling ini interaksi antara dua belah pihak dimana saat
menerangkan produk , sales harus membujuk dan mengkomunikasikan produk
tersebut agar calon pelanggan tersebut akhirnya membeli barang tersebut. Tidaklah
mudah menghadapi berbagai macam karakteristik calon pelanggan, karena hal ini
melibatkan pikiran dan emosi satu sama lain. Oleh karena berhadapan langsung
dengan konsumen potensial, personal selling mempunnyai kelebihan dibandingkan
alat promosi lainnya

No comments:

Post a Comment