Sunday, June 30, 2024

Price (harga)

 


Price atau harga adalah faktor positioning kunci dan harus
diputuskan dalam hubungannya dengan pasar sasaran. Kotler dan Keller
(2009 : 151).
Menurut Tjiptono (2008:152) dalam Saputro, dkk (2016),
berdasarkan sudut pandang konsumen, harga sering kali digunakan
sebagai indikator nilai bilamana harga tersebut dihubungkan sebagai
manfaat yang dirasakan atas suatu barang dan jasa. Harga akan menjadi
pertimbangan yang cukup penting bagi pelanggan dalam memutuskan
pembeliannya, pelanggan akan membandingkan harga dari produk pilihan
mereka kemudian akan mengevaluasi apakah harga tersebut sesuai dengan
nilai produk, serta jumlah uang yang harus mereka keluarkan.
Menurut Tjiptono (2007:151), Harga merupakan satuan moneter atau
ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan agar
memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa.
Indikator harga yang digunakan, yaitu;
a. Keterjangkauan harga
b. Kesesuaian harga dengan kualitas produk
c. Daya saing harga
d. Kesesuaian harga dengan manfaat produksi
e. Harga mempengaruhi daya beli konsumen.
Tandjung (2004:78) menyatakan bahwa harga adalah jumlah uang
telah disepakati oleh calon pembeli dan penjual untuk ditukar dengan
barang atau jasa dalam transaksi bisnis normal. Penetapan harga adalah
yang paling kruisal dan sulit di antara unsur-unsur dalam bauran
pemasaran ritel.

No comments:

Post a Comment