Sunday, June 30, 2024

Prinsip-Prinsip Personal Selling

 


Dalam kegiatan komunikasi pemasaran personal selling ada beberapa
prinsip yang harus dipegang para sales antara lain:
a. Profesionalisme
Prinsip atau aspek pertama yang perlu diperhatikan dalam kegiatan
penjualan personal adalah profesionalisme. Di era globalisasi dan persaingan
yang sangat ketat menuntut setiap sales person untuk meningkatkan
profesionalisme dibidangnya. Beberapa perusahaan cukup perhatian mengenai
hal ini karena dampaknya sangat signifikan terhadap lini usaha mereka.
Biasanya perusahaan meningkatkan profesionalisme sales personnya melalui
berbagai training mengenai seni menjual yang diadakan oleh perusahaannya.
b. Produk Knowledge
Prinsip mengenai pengatahuan tentang produk yang dijual adalah
salah satu yang harus diperhatikan bagi sales person didalam kegiatan
penjualannya. Hal ini dinilai penting karena mengenai penjualan tatap muka
yang harus benar-benar paham produk yang dijual dan dipresentasikan kepada
calon pelanggan.
c. Negoisasi
Yaitu salah satu aspek penting dalam penjualan personal. Negoisasi
dalam kedua belah pihak yaitu penjual dan pembeli membuat kesepakatan
tentang harga, kuantitas, dan syarat-syarat lainnya. Oleh karena itu, sales
person perlu memiliki keahlian public speaking dalam berorganisasi.
d. Relationship Marketing
Relationship marketing merupakan kegiatan yang dilakukan oleh
perusahaan untuk membangun, memelihara dan meningkatkan hubungan
dengan pelanggan dan pihak-pihak lain yang terkait, guna mendapatkan
keuntungan. Sehingga dapat melaksanakan tujuan masing-masing dapat
terpenuhi secara memuaskan. (Wahyudi, D., & Aruan, R. T. ,2013)

No comments:

Post a Comment