Sunday, June 30, 2024

Teknologi Komunikasi dan Media Sosial

 


Perkembangan teknologi komunikasi dunia cyber seperti internet bagi
setiap bangsa di dunia tidak mempunyai pilihan lain untuk menghindar terjangan
arus informasi yang sangat deras, baik informasi yang positif maupun yang negatif
dari sumber informasi dunia lain, demikian sebagian pakar memandang penerapan
teknologi komunikasi pada masyarakat. (Noegroho.2010:6)
Makhluk hidup seperti manusia selalu membutuhkan informasi untuk
menjamin kelangsungan hidupnya dan untuk memperoleh informasi tersebut
manusia perlu berkomunikasi dengan manusia lainnya. Kemajuan teknologi
komunikasi yang begitu luar biasa pesatnya menyebabkan informasi yang
melimpah ruah dan seakan tidak ada batasnya lagi. Digital juga selalu terhubung
dengan media karena media tersebut merupakan sesuatu yang muncul dari media
lama (old media). Sebelumnya telah digunakan secara digital (modern media/new
media). Saat ini, praktik pemasaran media sosial mulai berkembang dan digunakan
sebagai alat pemasaran produk untuk mempromosikan merek dan pengenalan
perusahaan.
Media Sosial adalah fitur berbasis website yang dapat membentuk jaringan
serta memungkinkan orang untuk berinteraksi dalam sebuah komunitas. Pada sosial
media kita dapat melakukan berbagai bentuk pertukaran, kolaborasi dan saling
berkenalan dalam bentuk tulisan visual maupun audiovisual. Contohnya seperti
Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest, Forsquare, dan lainnya (Puntoadi,
2011:1).
Menurut Puntoadi manfaat sosial media dapat diartikan sebagai “Personal
branding is not public figure‟s, it‟s for everyone.” Disini sosial media dapat
bermanfaat untuk menentukan personal branding yang diinginkan, mencari
lingkungan yang tepat, mempelajari cara berkomunikasi dan untuk konsistensi.
(Puntoadi, 2011:19)

No comments:

Post a Comment