Tuesday, June 18, 2024

Unsur-Unsur Atribut Produk

 


Setiap produk mempunyai atribut yang berbeda-beda, sehingga konsumen
dihadapkan pada berbagai atribut yang di tawarkan oleh perusahaan. Perusahaan
mempunyai tugas untuk memperhatikan dan mengevaluasi atribut produk yang di
tawarkan, apakah atribut produk dari produk tersebut sudah memenuhi kebutuhan
dan keinginan konsumen atau belum.
Menurut kotler dan amstrong (2012:99) mengelompokan atribut produk
kepada tiga unsur penting yaitu kualitas produk (product quality), fitur produk
(product features), dan desain produk (product design)

  1. Kualitas produk (product quality)
    Kualitas produk menunjukan kemampuan suatu produk untuk melakukan
    fungsi-fungsinya. Kemampuan itu meliputi daya tahan, kehandalan, ketelitian
    yang di hasilkan, kemudahan di operasikan dan di perbaiki, dan atribut lain
    yang berharga pada produk secara keseluruhan. Agar dapat bersaing di pasar
    secara berhasil produk harus memiliki mutu yang superior dibandingkan
    dengan produk-produk pesaing lainnya. Mutu harus diukur dari segi persepsi
    pembeli. Banyak perusahaan menjadikan suatu mutu sebagai senjata strategi
    yang ampuh.
  2. Fitur Produk (product features)
    Fitur produk merupakan sarana kompetitif untuk membedakan produk satu
    dengan prdoduk – produk pesaing. Fitur produk adalah alat untuk bersaing
    yang membedakan produk suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Fitur
    produk identic dengan sifat dan sesuatu yang unik, khas dan istimewa yang
    tidak dimiliki oleh produk lainnya. Biasanya karakteristik yang melekat
    dalam suatu produk merupakan hasil pengembangan dan penyempurnaan
    secara terus menerus.
  3. Desain produk (Product Design)
    Desain memiliki konsep yang lebih luas daripada gaya (style), desain selain
    mempertimbangkan factor penampilan, juga untuk bertujuan memperbaiki
    kinerja produk, mengurangi biaya produksi, dan menambah keunggulan
    bersaing. Desain atau rancangan adalah totalitas keistimewaan yang
    mempengaruhi penampilan fungsi produk dari segi kebutuhan pelanggan

No comments:

Post a Comment