Monday, July 1, 2024

Dimensi Kepemimpinan Visioner

 


Selain peran-peran tersebut Zhou dalam penelitiannya menyebutkan bahwa
kepemimpinan visioner sendiri berbagi banyak karakteristik pemimpin karismatik
dan transformasional, pemimpin visioner juga menampilkan karakteristik dan
perilaku yang membantu pengikut untuk mencapai tujuan organisasi seperti
kepercayaan diri, penggunaan kekuatan dan kemampuan organisasi yang pro-sosial
(Sashkin dan Sashkin, 2002 dalam Zhou et al., 2018).
Dimensi kepemimpinan visioner dalam penelitian ini diadaptasi dari
penelitian Conger dan Kanungo (1994), yang mengembangkan model yang
berfokus pada beberapa dimensi perilaku kepemimpinan karismatik dalam
organisasi. Dimensi perilaku kepemimpinan karismatik ini mengusulkan beberapa
komponen perilaku yang berbeda dalam tahap proses kepemimpinan yaitu
environmental sensitivity, vision formulation, dan implementation. Pada penelitian
ini mengambil salah satu dimensi yaitu vision formulation karena menyesuaikan
dari penelitian sebelumnya yang menjelaskan kepemimpinan visioner dan
kreativitas karyawan di China (Zhou et al., 2018).
Pada tahap vision formulation di berikan label visi dan artikulasi. Tahap ini
menjelaskan kemampuan seorang pemimpin untuk merancang visi yang
menginspirasi dan menjadi komunikator yang efektif. Conger dan Kanungo (1994),
juga mengkaitkan dimensi visi dan artikulasi dengan beberapa faktor untuk
mengukur kepemimpinan tersebut yaitu :
a. Pembicara publik yang menarik. Suatu tindakan atau kemampuan seorang
pemimpin yang dapat menarik perhatian dalam berbicara atau berpidato di
depan umum.
b. Tampak sebagai penampil yang cakap ketika mempresentasikan ke grup.
Seorang pemimpin yang mempresentasikan visi, ide-ide, serta gagasan
kepada para bawahannya dengan efektif serta mudah dimengerti.
c. Inspirasional. Pemimpin mampu memotivasi dengan mengartikulasikan
secara efektif mengenai pentingnya suatu hal yang anggota organisasi
lakukan.
d. Memiliki visi. Pemimpin sering memunculkan ide tentang kemungkinan
untuk masa depan.
e. Memberikan sasaran strategis dan organisasi yang menginspirasi.
f. Secara konsisten menghasilkan ide-ide baru untuk masa depan organisasi.

No comments:

Post a Comment