Thursday, July 11, 2024

Faktor-Faktor Shopping Lifestyle

 


Menurut Utami (2012:49) enam faktor motivasi berbelanja yaitu :
1) Adventure Shopping.
Konsumen melakukan berbelanja karena adanya sesuatu yang dapat
membangkitkan gairah berbelanja, merasa bahwa berbelanja adalah
suatu pengalaman dan dengan berbelanja mereka memiliki dunia
sendiri
2) Social Shopping.
Konsumen beranggapan bahwa kenikmatan dalam berbelanja akan
tercipta ketika mereka menghabiskan waktunya dengan keluarga
atan teman. Selain itu ada yang merasa bahwa berbelanja adalah
suatu kegiatan sosialisasi, baik antar konsumen maupun dengan
para pegawai. Selain itu berbelanja juga memberikan informasi
lebih mengenai produk yang akan dibeli.
3) Gratification Shopping.
Konsumen beranggapan bahwa berbelanja merupakan alternative
untuk mengatasi stress, salah satu cara mengatasi suasana hati yang
buruk dengan berbelanja sebagai sarana untuk melupakan masalah
yang sedang dihadapi.
16
4) Idea Shopping.
Konsumen berbelanja untuk mengikuti trend fashion baru, dan
melihat inovasi produk baru. Biasanya konsumen melakukan
berbelanja karena ada sesuatu yang baru diiklan.
5) Role Shopping.
Konsumen lebih suka berbelanja untuk orang lain dari pada untuk
dirinya sendiri. Mereka beranggapan bahwa berbelanja untuk orang
lain lebih menyenangkan dari pada untuk dirinya sendiri.
6) Value Shopping.
Konsumen beranggapan bahwa berbelanja merupakan permainan
yaitu saat tawar menawar maupun pada saat mencari tempat
berbelanja yang menawarkan diskon, obral atau tempat berbelanja
denga harga yang murah

No comments:

Post a Comment