Sunday, July 7, 2024

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Pegawai

 Menurut Singodimedjo (2000) dalam Edy Sutrisno (2012) faktor

yang mempengaruhi disiplin pegawai adalah:
a. Besar kecilnya pemberian kompensasi
Para karyawan akan mematuhi segala peraturan yang berlaku, bila ia
merasa mendapat jaminan balas jasa yang setimpal dengan jerih payah
yang telah dikontribusikan bagi perusahaan.bila mereka mendapatkan
kompensasi yang memadahi, mereka akan dapat bekerja dengan tenang
dan berusaha berkerja dengan sebaik mungkin. Begitupun sebaliknya.
b. Ada tidaknya keteladanan pimpinan dalam perusahaan
Keteladanan pimpinan sangat penting karena dalam lingkungan kerja,
semua karyawan akan memperhatikan bagaimana pimpinan dapat
menegakkan disiplin dirinya dan bagaimana ia dapat mengendalikan
dirinya dari ucapan, perbuatan, dan sikap yang dapat merugikan aturan
disiplin yang sudah ditetapkan.
c. Ada tidaknya aturan pasti yang dapat dijadikan pegangan
Pembinaan disiplin tidak akan dapat terlaksana, bila tidak ada aturan
tertulis, bila tidak ada aturan tertulis yang pasti untuk dapat dijadikan
pegangan bersama. Disiplin tidak mungkin ditegakkan bila peraturan
yang dibuat hanya berdasarka intruksi lisan yang dapat diubah ubah
sesuai dengan situasi.
d. Keberanian pimpinan dalam mengambil tidakan
Bila ada seseorang karyawan yang melanggar disiplin, maka perlu ada
keberanian pimpinan untuk mengambil tindakan yang sesuai dengan
pelanggaran yang dibuatnya. Sehingga bila adanya tindakan terhadap
pelanggaran disiplin, maka semua karyawan akan terlindungi dan
dalam hatinya berjanji tidak akan melakukan pelanggaran.
e. Ada tidaknya pengawasan dari pimpinan
sudah menjadi tabiat manusia bahwa mereka selalu ingin bebas, tanpa
terikat atau diikat oleh aturan apapun. Namun dengan adanya
pengawasan dari pemimpin, maka sedikit banyak para karyawan akan
terbiasa melaksanakan disiplin kerja.
f. Tidak adanya perhatian kepada karyawan
seorang karyawan tidak hanya puas dengan penerimaan kompensasi
yang tinggi, tetapi mereka juga membutuhkan perhatian yang besar
dari pimpinannya sendiri. Keluhan dan kesulitan mereka ingin
didengar, dan dicarikan jalan keluarnya, dan sebagainya.
g. Diciptakan kebiasaan yang mendukung tegaknya disiplin
Kebiasaan-kebiasaan positif itu antara lain adalah saling menghormati,
melontarkan pujian pada waktu yang tepat, sering mengikutsertakan
karyawan dalam pertemuan, dan sebagainya. 

No comments:

Post a Comment