Sunday, July 7, 2024

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efektivitas

 


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat efektivitas dalam sebuah
organisasi atau perusahaan, faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut :
a) Karakteristik Organisasi (Struktur dan Organisasi)
Penekanan ciri organisasi oleh Steers adalah terhadap struktur dan teknologi
karena kedua variabel tersebut sangat mempengaruhi efektivitas organisasi.
Perubahan yang bersifat inovatif dalam hubungan interaktif antar anggota-anggota
organisasi atau penyusunan hubungan SDM akan meningkatkan efektivitas
organisasi. Dengan tercapainya berbagai kemajuan di dalam struktur organisasi,
misalnya dengan meningkatkan spesialisasi fungsi, ukuran organisasi, sentralisasi
pengambilan keputusan dan formalisasi akan meningkatkan produktivitas
organisasi.
Tercapainya kemajuan di dalam teknologi dapat memperkenalkan cara-cara
yang lebih produktif dengan menggunakan sarana-sarana baru akan
mempengaruhi efektivitas organisasi. Pemanfaatan kedua hal tersebut secara
baik, yakni struktur dan teknologi akan mempermudah organisasi untuk
mencapai tujuannya.
b) Karakteristik Lingkungan (Ketepatan Atas Keadaan Lingkungan)
Karakteristik lingkungan ini mencapai dua aspek yang saling berhubungan yaitu
lingkungan ekstern dan lingkungan intern. Lingkungan ekstern yaitu semua
lingkungan kekuatan yang timbul diluar batasan- batasan organisasi. Lingkungan
interen pada umumnya dikenal sebagai iklim organisasi yang meliputi bermacam-
macam atribut lingkungan kerja.
c) Karakteristik Pekerjaan (Perbedaan Sifat Pekerja)
Lingkungan dalam bekerja memiliki pandangan tujuan kebutuhan dan
kemampuan yang berbeda-beda, individu ini memiliki pengaruh langsung terhadap
rasa ketertarikan pada organisasi dan potensi kerja. Tanpa rasa keterkaitan dan
prestasi, efektifitas mustahil akan tercapai.
d) Kebijakan dan Praktek Manajemen
Kebijakan dan praktek manajemen merupakan mekanisme yang meliputi
penetapan tujuan strategi, pencarian dan pemanfaatan sumber daya secara efisien,
menciptakan lingkungan prestasi, proses komunikasi, kepemimpinan dan
pengembalian keputusan serta adaptasi dan inovasi organisasi. Dalam hal ini,
manejer sangat penting untuk mengarahkan kegiatan-kegiatan secara propesional
untuk mencapai tujuan.
Efektivitas program adalah suatu penilaian atau pengukuran terhadap sejauh
mana kegiatan dalam program-program yang telah dilakukan dapat mencapai
tujuan awal dari program tersebut. Efektivitas program dapat dirumuskan sebagai
tingkat perwujudan sasaran yang menunjukan sejauh mana sasaran program yang
telah ditetapkan (Julia, 2010:26).
Upaya evaluasi program suatu organisasi dapat dilakukan melalui konsep
efektivitas. Konsep ini merupakan salah satu faktor dalam memutuskan apakah
akan membuat perubahan besar pada bentuk organisasi dan tata kelola. Dalam
konteks ini, efektivitas adalah pencapaian tujuan organisasi melalui penggunaan
sumber daya yang tersedia secara efisien dalam hal input, proses, dan output. Dari
pendapat-pendapat di atas tentang efektifitas, dapat dikatakan bahwa jika sesuai
dengan yang diinginkan, maka efektif. Dengan kata lain, mencapai suatu masalah
adalah mencapai tujuan mengambil tindakan untuk mencapainya. Efektivitas dapat
diartikan sebagai proses pencapaian suatu tujuan tertentu.

No comments:

Post a Comment