Thursday, July 11, 2024

Impulsif Buying

 


Diberbagai pusat pembelanjaan seseorang sering melakukan
pembelian secara impulsif buying. Pada saat berbelanja konsumen sering
melakukan pembelian secara spontan dan melebihi rencana pembelian
sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa pembelian secara tidak terencana
atau spontan yang dilakukan oleh konsumen disebut dengan Impulse Buying.
Impulsif buying didefinisikan sebagai tindakan membeli yang sebelumnya
tidak diakui secara sadar sebagai hasil dari suatu pertimbangan atau niat
membeli yang terbentuk sebelum memasuki toko (Ahmad, et al, 2019).
Menurut Utami (2017) pembelian impulsif didefiniskan sebagai
pembelian yang dilakukan secara langsung yang dilakukan dengan penuh
desakan hati tanpa banyak berfikir dan memperhatikan akibatnya. Sedangkan
menurut Prastia (2013) mendefinisikan impulse buying sebagai suatu
pembelian yang tidak terencana dan dilakukan secara spontan.
((Prastia 2013); (Yunita et al., 2021)) pembelian impulsif terjadi
karena dipengaruhi faktor tertentu yaitu shopping lifestyle, emotional
shopping, discount, keterlibatan fashion, dan perilaku hedonik. Proses
pembelian yang dilakukan oleh konsumen yaitu konsumen langsung
mengambil keputusan untuk membeli tanpa terlebih dahulu melakukan
pencarian informasi serta mengevluasi pengaruhnya (Mihailovic &
Tanaskovic, 2017).

No comments:

Post a Comment