Monday, July 1, 2024

Indikator Brand Awareness

 


Menurut Kotler dan Keller (dalam Winadi, 2017:3) terdapat empat
indikator yang dapat digunakan untuk mengetahui seberapa jauh konsumen sadar
atau aware terhadap suatu merek, dan indikator-indikator brand awareness
tersebut diantaranya adalah:

  1. Recall
    Recall yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengingat ketika ditanya
    merek apa saja yang diingatnya. Nama merek yang sederhana, mudah
    diingat, mudah di ucapkan, dan memilki arti yang jelas membuat suatu
    merek mudah muncul dalam ingatan konsumen.
  2. Recognition
    Recognition yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengenali merek
    tersebut ke dalam kategori produk tertentu.
  3. Purchase
    Purchase yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengenali merek
    tersebut termasuk pilihan ketika akan membeli sebuah produk.
  4. Consumption
    Consumption yaitu konsumen membeli produk karena merek tersebut
    sudah menjadi top of mind dibenak konsumen.
    Kemampuan konsumen maupun pelanggan untuk mengenali atau
    mengingat merek suatu produk adalah berbeda-beda tergantung pada tingkat
    komunikasi suatu merek oleh perusahaan maupun persepsi konsumen terhadap
    merek yang di tawarkan oleh perusahaan. Oleh karenanya, diperlukan
    pengetahuan untuk mengetahui level brand awareness konsumen guna
    menentukan strategi merek yang tepa

No comments:

Post a Comment