Menurut Kotler dan Keller (dalam Winadi, 2017:3) terdapat empat
indikator yang dapat digunakan untuk mengetahui seberapa jauh konsumen sadar
atau aware terhadap suatu merek, dan indikator-indikator brand awareness
tersebut diantaranya adalah:
- Recall
Recall yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengingat ketika ditanya
merek apa saja yang diingatnya. Nama merek yang sederhana, mudah
diingat, mudah di ucapkan, dan memilki arti yang jelas membuat suatu
merek mudah muncul dalam ingatan konsumen. - Recognition
Recognition yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengenali merek
tersebut ke dalam kategori produk tertentu. - Purchase
Purchase yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengenali merek
tersebut termasuk pilihan ketika akan membeli sebuah produk. - Consumption
Consumption yaitu konsumen membeli produk karena merek tersebut
sudah menjadi top of mind dibenak konsumen.
Kemampuan konsumen maupun pelanggan untuk mengenali atau
mengingat merek suatu produk adalah berbeda-beda tergantung pada tingkat
komunikasi suatu merek oleh perusahaan maupun persepsi konsumen terhadap
merek yang di tawarkan oleh perusahaan. Oleh karenanya, diperlukan
pengetahuan untuk mengetahui level brand awareness konsumen guna
menentukan strategi merek yang tepa
No comments:
Post a Comment