Sunday, July 7, 2024

Indikator Budaya Organisasi

 


Perilaku karyawan yang menunjukkan pelaksanaan budaya organisasi yang
tidak sesuai dengan ketetapan perusahaan dapat mempengaruhi efektivitas kerja
yang berakibat pada pencapaian tujuan organisasi yang tidak sesuai dengan
perencanaan. Oleh sebab itu, perlu adanya kontrol agar budaya organisasi
menjadi kuat. Pengukuran budaya organisasi menurut Boke dan Nalla dalam
Susetyo et al (2014), terdapat 5 indikator pengukuran yaitu :

  1. Peraturan
    Peraturan dilaksanakan secara seragam (tidak pandang bulu) kepada
    semua pihak tanpa memperhatikan kondisi tertentu atau masalah tertentu.
  2. Jarak dengan atasan
    Setiap karyawan dapat secara bebas menyatakan pendapat dan ide yang
    berbeda dengan atasannya.
  3. Kepercayaaan
    Para karyawan bersifat terbuka kepada karyawan lain.
  4. Profesionalisme
    Melaksanakan pekerjaan dengan kualitas yang bagus dapat
    mengembangkan kemampuan karyawan.
  5. Integrasi
    Para karyawan bersifat ramah dalam pergaulannya

No comments:

Post a Comment