Monday, July 1, 2024

Indikator Knowledge Sharing

 


Item skala pengukuran variabel knowledge sharing dalam penelitian ini
dikutip dari penelitian sebelumnya tentang manajerial knowledge sharing (Lu et
al., 2006). Dari penelitian tersebut menyebutkan perilaku berbagi pengetahuan
dipengaruhi oleh faktor-faktor individual, interpersonal dan organisasi. Peneliti
sebelumnya juga menyebutkan bahwa variabel knowledge sharing behavior diukur
dengan bertanya kepada responden seberapa sering mereka terlibat dalam perilaku
berbagi pengetahuan dalam satu tahun terakhir. Terdapat delapan pertanyaan yang
diusulkan oleh peneliti sebelumnya dan tiga pertanyaan diadaptasi dari skala
'intention to share knowledge' dari Bock & Kim (2002). Dimana item-item
pengukuran tersebut dapat di jelaskan sebagai berikut:

  1. Dalam pekerjaan sehari-hari, saya mengambil inisiatif untuk membagikan
    pengetahuan terkait pekerjaan saya kepada rekan kerja saya.
  2. Saya menyimpan pengalaman kerja saya dan tidak dengan mudah
    membagikannya kepada rekan kerja lain. (R)
  3. Saya membagikan pengalaman serta pengetahuan yang berguna kepada
    rekan kerja di kantor.
  4. Setelah mempelajari suatu pengetahuan/ hal baru yang berguna dalam
    pekerjaan, saya akan membagikannya kepada rekan-rekan kerja agar lebih
    banyak mengetahui dan mempelajarinya.
  5. Saya tidak pernah memberi tahu orang lain tentang keahlian pekerjaan saya
    kecuali diminta di perusahaan. (R)
  6. Di tempat kerja, saya membagikan pengetahuan saya kepada lebih banyak
    orang.
  7. Saya secara aktif menggunakan sumber-sumber IT yang tersedia di
    perusahaan untuk membagikan pengetahuan saya.
  8. Sewaktu rekan kerja saya membutuhkan bantuan (pengetahuan/ ide/ solusi),
    saya selalu membagikan informasi yang saya tahu tanpa menyembunyikan
    apa pun

No comments:

Post a Comment