Tuesday, July 2, 2024

Karakteristik Budaya Organisasi

 


Untuk memberikan pengertian yang sangat mudah, terdapat 10 (sepuluh)
karakteristik penting yang dapat dipakai sebagai ancuan dalam memahami serta
mengukur keberadaan budaya organisasi menurut (Robbins 2001: 36) sebagai
berikut :

  1. Inisiatif individu, tingkat tanggung jawab, kebebasan dan kemandirian yang
    dimiliki individu.
  2. Toleransi resiko, tingkat pengembalian resiko, inovasi dan keberanian
    individu.
  3. Arahan, kemampuan organisasi dalam menciptakan kreasi terhadap sasaran
    dan harapan kinerja.
  4. Integritas, kemampuan organisasi dalam melakukan koordinasi semua unit
    menjadi satu kesatuan gerak.
  5. Dukungan manajemen, kemampuan jajaran dalam proses komunikasi,
    pembimbingan dan memberikan dukungan terhadap bawahan.
  6. Control, seberapa besar aturan, arahan, supervise mengontrol kerja bawahan.
  7. Identitas, seberapa kuat jati diri sosial organisasai dalam diri pegawai.
  8. System imbalan, sejauh mana alokaasi imbalan didasarkan atas kinerja.
  9. Toleransi konflik, kesempatan pegawai untuk dapat meningkatkan konflik
    secara terbuka.
  10. Pola komunikasi, seberapa jauh komunikasi yang dibangun organisasi
    hirarki secara formal

No comments:

Post a Comment