Monday, July 1, 2024

Komponen Brand Awareness

 


Menurut Keller, Parameswaran & Jacob (2019:48) brand awareness
terdiri dari dua komponen atau dimensi utamanya, yakni brand recognition
(pengenalan merek) dan brand recall (ingatan merek) kinerja penarikan kembali
merek tersebut yang akan dijabarkan sebagai berikut:

  1. Brand Recognition
    Brand recognition adalah kemampuan khalayak umum untuk
    mengkonfirmasi suatu brand ketika diberi petunjuk atau petunjuk
    disebut sebagai pengenalan merek. Dengan kata lain, pengenalan
    brand dapat menentukan apakah audiens atau konsumen dapat
    mengenali suatu brand ketika diberi petunjuk. Pengenalan brand
    mengharuskan penggunaan representasi visual seperti logo dan nama.
    Logo dan nama digunakan untuk memperkuat dan menghasilkan
    hubungan yang baik antara brand dan pengetahuan khalayak.
    Perusahaan ingin audiens tidak hanya mengingat tetapi juga
    mengenali logo dan nama brand secara bersamaan.
  2. Brand Recall
    Brand recall adalah ketika konsumen atau audiens diminta untuk
    mengingat brand sebagai dimensi yang lebih dalam dari suatu merek.
    Dimensi ini menilai kemampuan audiens untuk mengingat dan
    kemudian menyebutkan brand tersebut ketika disajikan dengan
    beberapa indikator. Kategori produk, peluang penggunaan, elemen
    merek, pemenuhan kebutuhan adalah indikator penarikan merek.

No comments:

Post a Comment