Menurut Keller, Parameswaran & Jacob (2019:48) brand awareness
terdiri dari dua komponen atau dimensi utamanya, yakni brand recognition
(pengenalan merek) dan brand recall (ingatan merek) kinerja penarikan kembali
merek tersebut yang akan dijabarkan sebagai berikut:
- Brand Recognition
Brand recognition adalah kemampuan khalayak umum untuk
mengkonfirmasi suatu brand ketika diberi petunjuk atau petunjuk
disebut sebagai pengenalan merek. Dengan kata lain, pengenalan
brand dapat menentukan apakah audiens atau konsumen dapat
mengenali suatu brand ketika diberi petunjuk. Pengenalan brand
mengharuskan penggunaan representasi visual seperti logo dan nama.
Logo dan nama digunakan untuk memperkuat dan menghasilkan
hubungan yang baik antara brand dan pengetahuan khalayak.
Perusahaan ingin audiens tidak hanya mengingat tetapi juga
mengenali logo dan nama brand secara bersamaan. - Brand Recall
Brand recall adalah ketika konsumen atau audiens diminta untuk
mengingat brand sebagai dimensi yang lebih dalam dari suatu merek.
Dimensi ini menilai kemampuan audiens untuk mengingat dan
kemudian menyebutkan brand tersebut ketika disajikan dengan
beberapa indikator. Kategori produk, peluang penggunaan, elemen
merek, pemenuhan kebutuhan adalah indikator penarikan merek.
No comments:
Post a Comment