Monday, July 1, 2024

Kreativitas dalam Konteks Organisasi

 


Kreativitas kerja berbeda dengan kreativitas seni karena kegunaannya yang
sangat penting, dimana produk kreativitas kerja haruslah praktis, berguna, dan
memberikan kontribusi bagi keberhasilan organisasi (Stein dkk., 1958 dalam
Zhou, 1996). Kreativitas dalam lingkungan kerja dapat berawal dari hal yang
sederhana, sebagai contoh seorang karyawan dapat melakukan tugas kreatifnya
dengan bentuk merevisi tugas tanpa meminta intruksi eksplisit dari atasan (Straw
dan Boettger, 1990 dalam Zhou 1996).
Dalam konteks organisasi, kreativitas adalah fungsi dari karakteristik
pribadi karyawan, karakteristik kontekstual dimana ia bekerja, dan juga interaksi
antara karakteristik-karakteristik tersebut. Karakteristik pribadi meliputi
kepribadian dan dimensi gaya kognitif. Karakteristik yang diharapkan
mempengaruhi kreativitas individu dengan mempengaruhi jangkauan dimana
individu tersebut menerapkan berbagai strategi yang dapat memfasilitasi produksi
ide kreatif. Karakteristik kontekstual merupakan dimensi lingkungan kerja yang
berpotensi mempengaruhi kreativitas karyawan, tetapi yang bukan merupakan
bagian dari individu. Karakteristik kontekstual meliputi pekerjaan, lingkungan
kerja, dan hubungan dengan rekan kerja dan supervisor.
Berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu, karakteristik kontekstual
mempengaruhi kreativitas melalui dampaknya pada motivasi intrinsik karyawan
untum melakukan pekerjaan (Amabile, 1996; Deci dan Ryan, 1985 dalam Shalley
dkk., 2004).
Kreativitas dalam organisasi dapat memenuhi dua tujuan, yaitu penciptaan
ide, jasa, atau prosedur yang baru dan efisien baik untuk melakukan segala
sesuatu dalam lingkungan yang relatif stabil, maupun untuk menciptakan strategi
dalam menghadapi perubahan lingkungan (Zhou, 1996). Ketika lingkungan
organisasi relatif stabil kinerja kreatif dapat membawa strategi baru untuk
mencapai tujuan organisasi dengan lebih efektif dan tepat waktu. Sedangkan
ketika lingkungan organisasi sedang menghadapi banyak perubahan, kinerja
kreatif dapat memungkinkan organisasi untuk menemukan strategi baru guna
mengatasi perubahan tersebut

No comments:

Post a Comment