Ada banyak manfaat yang di dapatkan melalui aktivitas Cyber Public
Relations. Menurut Onggo (2017: 5) secara garis besar ada enam potensi yang
dapat di manfaatkan melalui Cyber Public Relations:
- Komunikasi konstan
Internet adalah media yang tidak pernah terlelap setiap harinya.
Melalui internet Public Relations dapat mengjangkau publiknya
hingga ke seluruh dunia. - Respon yang cepat
Internet memungkinkan para pelaku Cyber Public Relations untuk
mendapat respon yang cepat terhadap semua permasalahan serta
pertanyaan prospek pelanggan. - Pasar global
Internet telah menjembatani jurang pemisah geograri melalui
hubungan yang terjadi di dunia maya. Melalui internet memudahkan
Public Relations untuk berkomunikasi dengan pasar global yang ada
di seluruh dunia dengan biaya yang cukup murah. - Interaktif
Internet adalah media yang sangat interaktif, feedback dengan mudah
didapatkan melalui media sosial yang di gunakan oleh Public
Relations. - Komunikasi dua arah
Komunikasi dua arah terjalin antara organisasi atau instansi dengan
publiknya. Melalui Cyber Public Relations dapat membangun
hunungan yang kuat dan bermanfaat. - Hemat
Melalui Cyber Public Relations dapat membantu suatu instansi atau
organisasi untuk menghemat biaya, pasalnya tidak lagi dibutuhkan
biaya cetak yang terhitung mahal.
Menurut Onggo dalam (Yuniani: 2021) kegiatan Cyber Public Relations tersebut
dapat menghasilkan apa yang disebut sebagai 3R bagi perusahaan, yaitu: - Relations
mampu berinteraksi dengan berbagai target audiens untuk
membangun hubungan dan citra perusahaan. - Reputasi
Asset yang paling penting dalam suatu bisnis. Cyber Public Relations
merupakan seni dalam membangun reputasi online secara
berkesinambungan. - Relevan
Mengupayakan agar kegiatan insiatif Public Relations secara
online relevan dengan target publik korporat.
No comments:
Post a Comment