Monday, July 1, 2024

Manfaat Cyber Public Relations

 


Ada banyak manfaat yang di dapatkan melalui aktivitas Cyber Public
Relations. Menurut Onggo (2017: 5) secara garis besar ada enam potensi yang
dapat di manfaatkan melalui Cyber Public Relations:

  1. Komunikasi konstan
    Internet adalah media yang tidak pernah terlelap setiap harinya.
    Melalui internet Public Relations dapat mengjangkau publiknya
    hingga ke seluruh dunia.
  2. Respon yang cepat
    Internet memungkinkan para pelaku Cyber Public Relations untuk
    mendapat respon yang cepat terhadap semua permasalahan serta
    pertanyaan prospek pelanggan.
  3. Pasar global
    Internet telah menjembatani jurang pemisah geograri melalui
    hubungan yang terjadi di dunia maya. Melalui internet memudahkan
    Public Relations untuk berkomunikasi dengan pasar global yang ada
    di seluruh dunia dengan biaya yang cukup murah.
  4. Interaktif
    Internet adalah media yang sangat interaktif, feedback dengan mudah
    didapatkan melalui media sosial yang di gunakan oleh Public
    Relations.
  5. Komunikasi dua arah
    Komunikasi dua arah terjalin antara organisasi atau instansi dengan
    publiknya. Melalui Cyber Public Relations dapat membangun
    hunungan yang kuat dan bermanfaat.
  6. Hemat
    Melalui Cyber Public Relations dapat membantu suatu instansi atau
    organisasi untuk menghemat biaya, pasalnya tidak lagi dibutuhkan
    biaya cetak yang terhitung mahal.
    Menurut Onggo dalam (Yuniani: 2021) kegiatan Cyber Public Relations tersebut
    dapat menghasilkan apa yang disebut sebagai 3R bagi perusahaan, yaitu:
  7. Relations
    mampu berinteraksi dengan berbagai target audiens untuk
    membangun hubungan dan citra perusahaan.
  8. Reputasi
    Asset yang paling penting dalam suatu bisnis. Cyber Public Relations
    merupakan seni dalam membangun reputasi online secara
    berkesinambungan.
  9. Relevan
    Mengupayakan agar kegiatan insiatif Public Relations secara
    online relevan dengan target publik korporat.

No comments:

Post a Comment