Thursday, July 11, 2024

Pembelian Impusif ( Impulse buying)

 


Menurut Utami (2015) Pembelian impulsif ( Impulse buying ) adalah
pembelian yang terjadi ketika konsumen melihat produk atau merek tertentu,
kemudian konsumen menjadi tertarik untuk mendapatkannya, biasanya karena
adanya ransangan yang menarik dari toko tersebut.
Menurut Sterns (1962) Impulse buying is a purchase that made by
consumers without being in-tentionally planned before yang berarti belanja
Impulsif adalah suatu pembelian yang dilakukan konsumen tanpa direncanakan
sebelumnya (Bong, 2011)
Impulse buying adalah perilaku yang dilakukan secara tidak sengaja dan
kemungkinan besar melibatkan berbagai macam motif yang tidak disadari, serta
dibarengi oleh respon emosional yang kuat (Astrid Gisela Herabadi, 2003: 59).
Perilaku pembelian secara impulsif memiliki tingkatan yang berbeda pada setiap
orang. Akan tetapi semua tergantung dari individu tersebut, apakah dia dapat
mengontrol diri dalam pembelian impulsif atau tidak.
Menurut (Verplanken, B., & Sato, A., 2011) mengatakan bahwa terdapat
dua dimensi dalam pembelian impulsif (impulsive buying), yaitu:

No comments:

Post a Comment