Sunday, July 7, 2024

Pengertian Kinerja Karyawan

 


Istilah kinerja berasal dari kata Job Performance atau Actual Performance
(prestasi kerja atau prestasi sesungguhnya yang dicapai oleh seseorang). Kinerja
merupakan hasil dari pekerjaan yang dicapai oleh seorang karyawan dalam
melakukan tugas yang telah diberikan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
Kinerja adalah motivasi serta kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugas,
ketersediaan keterampilan karyawan tidaklah cukup dalam melaksanakan
pekerjaan tanpa pemahanan sesuai dengan apa yang dikerjakan. Mangkunegara
(2011) mengemukakan bahwa kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan
kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai
dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Hal ini disebabkan karyawan
dituntut untuk memberikan waktu, tenaga dan usahanya untuk memperoleh apa
yang mereka inginkan, misalnya keuntungan ekonomi, fellowship dan juga status
sosial.
Bernardin (2001) dalam Sudarmanto (2015) juga menyatakan bahwa kinerja
merupakan hasil yang diproduksi (dihasilkan) atas fungsi pekerjaan tertentu atau
aktivitas selama periode tertentu. Sedangkan Moeheriono (2012) dalam Ma’ruf
(2014) mendefinisikan kinerja adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian
pelaksanaan suatu program kegiatan atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran,
tujuan, visi, dan misi organisasi yang dituangkan melalui perencanaan strategis
suatu organisasi. Kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak
dilakukan karyawan sehingga mereka mempengaruhi seberapa banyak mereka
memberi kontribusi kepada instansi atau organisasi termasuk kualitas pelayanan
yang disajikan. Berhasil tidaknya kinerja yang dicapai organisasi tersebut di
pengaruhi kinerja karyawan secara individual maupun kelompok. Dengan asumsi
semakin baik kinerja karyawan maka semakin baik kinerja organisasi.

No comments:

Post a Comment