Monday, July 8, 2024

Pengertian Kinerja

 


Kinerja merupakan perilaku nyata yang ditampilkan setiap orang sebagai
prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai dengan perannya dalam
organisasi. Mangkunegara (2007) menyatakan bahwa kinerja karyawan adalah
hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang karyawan
dalam meaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan
kepadanya. Menurut (Hasibuan, 2016) mendefinisikan kinerja sebagai suatu
hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang
dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman,
kesungguhan serta waktu. Selain itu kinerja merupakan tingkat keberhasilan
atau seseorang terhadap keseluruhan selama periode tertentu didalam
melakukan tugas dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, seperti target
atau sasaran atau kriteria, standar hasil kerja tertentu yang sudah ditentukan
terdahulu dan sudah disepakati bersama (Rivai, 2005). Aktifitias untuk
menentukan berhasil tidaknya suatu pekerjaan yang dilakukan dalam organisasi
adalah penilaian pelaksanaan seluruh kegiatan yang telah direncanakan
sebelumnya.
Aktifitas ini lazimnya disebut dengan penilaian kinerja. Kinerja merupakan
istilah yang berasal dari kata job performance atau actual performance (prestasi
kerja atau prestasi sesungguhnya dicapai seseorang). Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki visi dan misi yang harus dicapai dan
Ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kinerja karyawan dalam sebuah
organisasi salah satunya adalah tingkat disiplin kerja dan produktivitas
karyawan dalam mematuhi berbagai aturan yang ada di dalam sebuah
organisasi, dimana aturan tersebut dibuat sebagai standar untuk mengendalikan
perilaku karyawan agar tetap berorientasi kepada tujuan organisasi. Kinerja
mempunyai makna yang luas tidak hanya sekedar menyatakan sebagai hasil
dari kerja saja, tetapi juga proses bagai mana pekerja itu berlangsung pun ikut
dibahas pada kinerja. Tingkat pencapaian pelaksanaan dalam suatu program
kegiatan serta kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi, dan misi
organisasi yang dijabarkan dalam perencanaan strategis suatu organisasi,
merupakan gambaran umum dari kinerja dalam performance. Dalam
perusahaan biasanya kinerja karyawan ada yang baik dan ada yang buruk.
Semua hal tersebut tergantung dari masing-masing individu karyawan tersebut.
Setiap perusahaan tentunya ingin mendapatkan kinerja karyawan yang baik
dalam setiap bidang masing-masing. Kinerja karyawan yang diharapkan dapat
menghasilkan mutu pekerjaan yang baik serta jumlah pekerjaan yang sesuai
dengan standar (Dewi dan Darma, 2017; Wiandari dan Darma, 2017). Terdapat
.beberapa faktor dalam .mempengaruhi kinerja

No comments:

Post a Comment