Saturday, July 13, 2024

Pengertian Merchaindising


Menurut Ma’ruf (2006) Merchaindising adalah bagian dari ritail mix dimana
perusahaan melakukan kegiatan pengadaan produk-produk yang sesuai dengan bisnis yang
dijalani toko untuk disediakan dalam jumlah, waktu dan harga yang sesuai untuk mencapai
sasaran toko atau perusahaan ritel,(Dalam Hani zufa).
Menurut kotler dan keller (2006:454) Bauran produk adalah kumpulan dari semua
produk dan unit produk yang ditawarkan penjualan tertentu kepada pembeli. Merchaindising
merupakan group produk yang sangat berhubungan satu
sama lain yang ditujuan untuk kegunaan akhir yang dijual kepada group konsumen yang
sama atau dengan kisaran harga yang hampir sama. Dengan Keberagaman dan variasi barang
dagangan merupakan daya tarik tersendiri bagi sebuah ritel. Namun demikian kemampuan
untuk mengelola pilihan terhadap keberagaman barang dagangan tersebut juga menjadi faktor
yang sangat penting bagi ritel.
Menurut sujana 2005 (dalam Hani zufa)tipe bisnis ritel berdasarkan
kategorimerchaindising, yaitu:
1.Specialty store
Menjual satu kategori barang contohnya apotik, toko perhiasan dan sebagainya.
2.Grocery store(toko serba ada)
Menjual sebagian besar kategori barang kebutuhan sehari-hari contohnya Carrefour, Hero,
Hypermar.
3.Department store
Sebagian besar barang yang dijual bukanlah kebutuhan pokok, melainkan fashion contohnya
Ramayana, Matahari, Sogo, Seibu.
4.Hyperstore
Menjual barang dalam rentang kategori barang yang sangat luas. Konsepnya adalah one-stop
sopping seperti Carrefour yang ada diNegara asalnya Perancis, tetapi tidak dengan yang ada
di Indonesia

No comments:

Post a Comment