Monday, July 8, 2024

Pengertian Motivasi Kerja

 


Seorang manajer tidak menjalankan semua pekerjaan sendirian
melainkan dengan bantuan orang lain untuk mengerjakan,
memberikan tugas-tugas kepada karyawannya. Karyawan mungkin
menjalankan pekerjaan yang dibebankan dengan baik, mungkin juga
tidak, untuk itu perlu diketahui penyebabnya. Mungkin memang
karena tidak mampu menjalankan pekerjaan yang ditugaskan, tetapi
mungkin juga karena tidak mempunyai motivasi (dorongan) untuk
bekerja dengan baik. Memberikan motivasi (dorongan) kepada
karyawan agar bekerja sesuai dengan pengarahan yang diberikan
menjadi salah satu tugas dari seorang pemimpin.
Menurut Widodo (2015) motivasi adalah kekuatan yang ada dalam
seseorang, yang mendorong perilakunya untuk melakukan tindakan.
Menurut Mangkunegara (2013) Motif merupakan suatu dorongan
kebutuhan dalam diri pegawai yang perlu dipenuhi agar pegawai
tersebut dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Motivasi
adalah kondisi yang menggerakkan pegawai agar mampu mencapai
tujuan dari motifnya. Motivasi merupakan salah satu alat atasan agar
bawahan mau bekerja keras dan bekerja cerdas sesuai dengan yang
diharapkan.
Menurut Griffin (2013) Motivasi adalah serangkaian kekuatan
yang menyebabkan orang-orang berperilaku dengan cara tertentu.
Manajer berjuang untuk memotivasi orang-orang dalam organisasi
untuk berkinerja pada tingkat tinggi. Hal ini berarti, menyuruh mereka
bekerja keras, datang ketempat kerja secara teratur dan memberikan
kontribusi positif pada misi organisasi. Namun, kinerja pada pekerjaan
bergantung pada kemampuan dan lingkungan serta motivasi. Untuk
mencapai kinerja tingkat tinggi, seorang karyawan harus mau
melakukan pekerjaan dengan baik (motivasi), harus mampu melalukan
pekerjaan secara efektif (kemampuan), dan harus mempunyai materi,
sumber daya, perlengkapan dan informasi untuk melakukan pekerjaan
tersebut (lingkungan).

No comments:

Post a Comment