Tuesday, July 2, 2024

Pengertian Sikap Kerja

 


Seorang individu sangat erat hubungannya dengan sikapnya masing-masing
sebagai ciri dari pribadinya. Sikap pada umumnya sering diartikan sebagai suatu
tindakan yang dilakukan individu untuk memberikan tanggapan pada suatu hal.
Pengertian sikap dijelaskan oleh Anzwar (2010) sikap diartikan sebagai suatu reakti
atau respon yang muncul dari seorang individu terhadap objek yang kemudian
memunculkan perilaku individu terhadap objek terssebut dengan cara-car tertentu.
Pengertian sikap juga disampaikan oleh Sarwono & Meinarno (2009) sikap adalah
proses penilaian yang dilakukan oleh seorang individu terhadap suuatu objek.
Objek yang disikapi individu dapet berubah benda, manusia atau informasi. Proses
penilaian seseorang terhadap suatu objek dapat berupa penilaian positif dan negatif.
Sikap merupakan bentuk ungkapan perasaan sesorang terhadap sesuatu.
Sikap menurut Secord dan Backman dalam Azwar S (2011:5) “sikap adalah
keteraturan tertentu dalam hal perasaan, pemikiran, dan predisposisi tindakan
seseorang terhadap suatu aspek di lingkungan sekitarnya. Sedangkan pengertian
sikap kerja menurut Maulana (2009:72) sikap kerja karyawan adalah cara kerja
karyawan di dalam mengkomunikasikan suasana karyawan kepada pimpinan atau
perusahaan. Sikap merupakan pernyataan evaluative, baik yang menguntungkan
onjek atau tidak, orang atau peristiwa. Sikap kerja sebagai kecenderungan pikiran
dan perasaan puas atau tidak puas terhadap pekerjaannya. Indikator karyawan
merasa puas pada pekerjaannya akan berusaha keras, jujur, tidak malas dan ikut
memajukan perusahaan. Sebaliknya karyawan yang tidak puas pada pekerjaannya
akan bekerja seenaknya saja, mau bekerja kalau ada pengawasan, tidak berlaku
jujur, dan akhirnya akan dapat merugikan perusahaan

No comments:

Post a Comment