Monday, July 15, 2024

Proses Keputusan Pembelian

 


Proses keputusan pembelian adalah tahapan-tahapan konsumen
dalam mengambil keputusan untuk membeli. Untuk memudahkan
perusahaan dalam mengetahui proses keputusan pembelian, maka
digunakan model tahapan proses keputusan pembelian. Menurut Kotler
dan Keller (2009) ada lima tahapan konsumen dalam mengambil
keputusan pembelian terhadap suatu produk atau jasa yaitu : pengenalan
masalah, mencari informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian,
perilaku pasca pembelian.

  1. Pengenalan masalah
    Pengenalan masalah adalah tahap awal konsumen dimana
    konsumen akan mengenali masalah atau kebutuhan. Kebutuhan atau
    masalah tersebut akan memulai sebuah proses dorongan untuk
    membeli. Kebutuhan tersebut dapat ditimbulkan dari rangsangan
    internal atau eksternal. Para pemasar harus mengidentifikasi penyebab
    kebutuhan tertentu dengan cara mengumpulkan informasi dari sejumlah
    konsumen, untuk mengetahui stimulus yang mana yang
    membangkitkan minta akan suatu produk.
  2. Pencarian informasi
    Konsumen yang merespon kebutuhannya dan tertarik akan
    terdorong mencari informasi. Sumber informasi yang didapat oleh
    konsumen tersebut dikelompokkan menjadi 4 yaitu:
    a. Sumber pribadi : keluarga, teman, kenalan dan orang terdekat
    b. Sumber komersial : iklan, wiraniaga, penyalur dan kemasan
    c. Sumber publik : media massa, media online
    d. Sumber pengalaman : pemakaian produk dan pengkajian
    Pemasar perlu menerapkan strategi yang dapat memasukkan
    produknya ke dalam kelompok informasi, kumpulan pilihan, dan
    kumpulan kesadaran agar menjadikan produk tersebut pilihan
    konsumen.
  3. Evaluasi alternatif
    Informasi yang diterima oleh konsumen akan menjadi bahan
    evaluasi alternatif dalam satu susunan pilihan. Susunan alternatif
    tersebut, konsumen berusaha memenuhi kebutuhannya, mencari
    manfaat tertentu dari solusi produk, dan membandingkan masing-
    masing produk sebagai sekumpulan produk dengan kemampuan
    konsumen.
  4. Keputusan pembelian
    Tahap keputusan pembelian merupakan tahap konsumen benar-
    benar menetapkan keputusan untuk membeli pilihan produk. Pada tahap
    evaluasi, konsumen membentuk sekumpulan pilihan dan
    membandingkan dengan kemampuan pemenuhannya. Kemudian
    konsumen tersebut menciptakan niat untuk membeli produk pilihannya.
  5. Perilaku pasca pembelian
    Perilaku pasca pembelian adalah proses keputusan pembelian
    dimana konsumen mengambil tindakan lebih lanjut setelah membeli
    pilihan produknya. Tindakan ini berdasarkan kepuasan atau
    ketidakpuasan yang telah dirasakan. Pemasar juga harus memperhatikan
    perilaku pasca pembelian konsumen untuk bahan evaluasi

No comments:

Post a Comment