Monday, July 1, 2024

Ruang Lingkup Public Relations

 


Menurut Dozier & Broom, dalam (Ruslan,2016) buku manajemen Public
Relations & media komunikasi: konsepsi & aplikasi. Ruang lingkup Public
Relations dalam sebuah organisasi atau lembaga antara lain meliputi aktifitas
sebagai berikut:

  1. Membina hubungan ke dalam (Public Internal)
    Yang dimaksud dengan public internal adalah publik yang menjadi
    bagian dari unit, badan perusahaan atau organisasi itu sendiri. Seorang
    Public Relations harus mampu mengidentifikasi dan mengenali hal-
    hal yang menimbulkan gambaran negatif di dalam masyarakat,
    sebelum kebijakan itu dijalankan oleh organisasi.
  2. Membina hubungan keluar (Public External)
    Yang dimaksud public external adalah publik umum (masyarakat).
    Mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif
    terhadap lembaga yang diwakilinya.
    Menurut Cutlip dan rekan dalam (Maudi, 2018) ruang lingkup pekerjaan Public
    Relations yang dapat dibagi menjadi enam bidang pekerjaan, yaitu;
  3. Publisitas
    Kegiatan menempatkan berita di media massa.
  4. Pemasaran
    Menarik dan memuaskan klien atau pelanggan dalam jangka panjang
    dalam upaya mencapai tujuan ekonomi perusahaan.
  5. Public Affairs
    Membangun dan mempertahankan hubungan dengan pemerintah dan
    komunitas untuk mempengaruhi kebijakan publik.
  6. Manajemen Issu
    Upaya organisasi atau perusahaan untuk melihat kecendrungan isu
    atau opini publik yang muncul ditengah masyarakat dalam upaya
    organisasi atau perusahaan untuk memberikan tanggapan atau respon
    yang sebaik-baiknya.
  7. Lobi
    Kegiatan membangun dan memelihara hubungan dengan pemerintah
    untuk mempengaruhi peraturan dan perundang-undangan.
  8. Hubungan Investor
    Kegiatan membangun dan mempertahankan hubungan yang saling
    menguntungkan dengan pemegang saham dan pihak lainnya untuk
    memaksimalkan nilai pasar

No comments:

Post a Comment