Menurut Dozier & Broom, dalam (Ruslan,2016) buku manajemen Public
Relations & media komunikasi: konsepsi & aplikasi. Ruang lingkup Public
Relations dalam sebuah organisasi atau lembaga antara lain meliputi aktifitas
sebagai berikut:
- Membina hubungan ke dalam (Public Internal)
Yang dimaksud dengan public internal adalah publik yang menjadi
bagian dari unit, badan perusahaan atau organisasi itu sendiri. Seorang
Public Relations harus mampu mengidentifikasi dan mengenali hal-
hal yang menimbulkan gambaran negatif di dalam masyarakat,
sebelum kebijakan itu dijalankan oleh organisasi. - Membina hubungan keluar (Public External)
Yang dimaksud public external adalah publik umum (masyarakat).
Mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif
terhadap lembaga yang diwakilinya.
Menurut Cutlip dan rekan dalam (Maudi, 2018) ruang lingkup pekerjaan Public
Relations yang dapat dibagi menjadi enam bidang pekerjaan, yaitu; - Publisitas
Kegiatan menempatkan berita di media massa. - Pemasaran
Menarik dan memuaskan klien atau pelanggan dalam jangka panjang
dalam upaya mencapai tujuan ekonomi perusahaan. - Public Affairs
Membangun dan mempertahankan hubungan dengan pemerintah dan
komunitas untuk mempengaruhi kebijakan publik. - Manajemen Issu
Upaya organisasi atau perusahaan untuk melihat kecendrungan isu
atau opini publik yang muncul ditengah masyarakat dalam upaya
organisasi atau perusahaan untuk memberikan tanggapan atau respon
yang sebaik-baiknya. - Lobi
Kegiatan membangun dan memelihara hubungan dengan pemerintah
untuk mempengaruhi peraturan dan perundang-undangan. - Hubungan Investor
Kegiatan membangun dan mempertahankan hubungan yang saling
menguntungkan dengan pemegang saham dan pihak lainnya untuk
memaksimalkan nilai pasar
No comments:
Post a Comment