Menurut Aaker (2018:105) brand awareness dapat diraih, dipelihara, dan
ditingkatkan dengan beberapa cara sebagai berikut:
- Menjadi berbeda dan dikenang
Suatu pesan kesadaran seharusnya memberikan suatu alasan untuk
diperhatikan dan seharusnya itu bisa dikenang. Ada banyak cara yang
dapat dilakukan namun yang paling umum adalah menjadi berbeda
dan istimewa dari kelas produk tertentu. - Melibatkan sebuah slogan atau jingle
Sebuah slogan atau jingle lagu bisa menimbulkan pengaruh yang
besar. Kaitan pada slogan tersebut bisa menjadi lebih kuat apabila
karakteristik produk divisualkan dan sebuah jingle lagu bisa menjadi
alat yang jitu dalam menciptakan kesadaran. - Penampakan simbol
Jika sebuah simbol telah terbentuk atau bisa dikembangkan yang
berkaitan erat dengan sebuah merek, maka simbil itu akan memainkan
peran yang besasr dalam menciptakan dan memelihara kesadaran.
Sebuah simbol mengandung pencitraan visual yang jauh lebih mudah
diketahui dan diingat kembali dari pada sebuah kata atau frase. - Publisitas
Periklanan sangat cocok dalam meningkatkan kesadaran karena
periklanan memunkinkan pesan dan audiens mengalami kedekatan.
Pada umumnya iklan merupakan suatu cara efesien untuk memberikan
penampakan. - Sponsor kegiatan
Peran utama dari sebagian besar sponsor kegiatan adalah menciptakan
atau memelihara kesadaran. Oleh karena itu seseorang dapat
mengenali suatu merek secara langsug di televisi, dan dari orang lain
yang melihat langsung dari suatu kegiatan. - Pertimbangan perluasan merek
Salah satu cara untuk mendapatkan pengingatan kembali merek adalah
dengan meletakkan merek tersebut pada merek lain. - Menggunakan tanda-tanda/isyarat
Kampanye atau iklan pada brand awareness kadang bisa membantu
dengan memberi tanda-tanda pada produk tersebut, merek atau
keduanya untuk memberi tanda yang mengarahkan pada suatu
kampanye atau iklan
No comments:
Post a Comment