Monday, July 1, 2024

Tahapan Kinerja Kreatif

 


Mumford dan kolega (dalam Mesquita, 2011) mengembangkan satu model
tahapan kinerja kreatif yang disebut sebagai the eight-stage process model.
Kedelapan tahapan tersebut adalah sebagai berikut:
a. Tahap konstruksi masalah (problem construction stage). Tahapan pertama
dimana seseorang mengambil masalah yang pada mulanya ambigu dan
mencoba untuk mendefinisikan secara lebih spesifik.
b. Tahap pengumpulan informasi (information gathering stage). Tahapan kedua
dimana informasi tambahan yang relevan dengan masalah tersebut diperoleh.
c. Tahap menyeleksi konsep (concept selection stage). Tahapan ketiga dimana
informasi baru terorganisir dan elemen yang paling relevan dengan masalah
saat ini diidentifikasi untuk digunakan nanti.
d. Tahap kombinasi konseptual (conceptual combination stage). Tahapan
keempat dimana potongan-potongan yang bervariasi dari informasi yang
mungkin berharga lebih lanjut diperiksa dan dikelompokkan ke dalam
konfigurasi baru yang mungkin baru dan berguna.
e. Tahap pembangkitan ide (idea generation stage). Tahapan kelima ini
merupakan tahapan dimana kombinasi dari konsep yang dikembangkan lebih
lanjut sebagai dasar untuk solusi potensial untuk masalah tertentu.
f. Tahap mengevaluasi ide (idea evaluation stage). Tahapan keenam dimana
perancang ide menilai secara kritis ide-ide baru dan menentukan hal yang
harus direvisi, dieksplorasi lebih lanjut, atau dibuang.
g. Tahap perencanaan implementasi (implementation planning stage). Tahapan
ketujuh dimana gagasan-gagasan terbaik selanjutnya disempurnakan dan
dievaluasi, sebelum akhirnya diberlakukan.
h. Tahap monitoring (monitoring stage). Ini merupakan tahapan terakhir dimana
ide-ide yang telah dilaksanakan akan dievaluasi dan berpotensi untuk
dipertahankan, disempurnakan, atau disingkirkan. Hal ini bergantung pada
umpan balik dari kinerja mereka

No comments:

Post a Comment