Wednesday, July 10, 2024

Tujuan Penilaian Kinerja

 


Menurut Rivai (2014:312), tujuan penilaian kinerja atau prestasi kinerja
karyawan pada dasarnya meliputi :
1) Untuk mengetahui tingkat prestasi karyawan selama ini.
2) Pemberian imbalan yang serasi, misalnya untuk pemberian kenaikan
gaji berkala, gaji pokok, kenaikan gaji istimewa, insentif uang.
3) Mendorong pertanggungjawaban dari karyawan.
4) Untuk pembeda antar karyawan yang satu dengan yang lain.
5) Pengembangan SDM yang masih dapat dibedakan lagi kedalam :
a) Penugasan kembali, seperti diadakannya mutasi atau transfer, rotasi
pekerjaan.
b) Promosi, kenaikan jabatan.
c) Training atau latihan.
6) Meningkatkan motivasi kerja.
7) Meningkatkan etos kerja.
8) Memperkuat hubungan antara karyawan dengan supervisor melalui
diskusi tentang kemajuan kerja mereka.
9) Sebagai alat untuk memperoleh umpan balik dari karyawan untuk
memperbaiki desain pekerjaan, lingkungan kerja, dan rencana karier
selanjutnya.
10) Sebagai penyaluran keluhan yang berkaitan dengan masalah pribadi
maupun pekerjaan

No comments:

Post a Comment