Saturday, September 21, 2024

Indikator Berdasarkan Komunikasi Persuasif

 (Ganyang, 2014:126) :

  1. Attention (perhatian)
    Dalam membangun motivasi kerja bagi setiap karyawan, lebih baik
    seorang atasan memberikan perhatian kepada karyawannya dengan tingkat
    kepedulian dan perhatian masih dalam batas yang wajar. Untuk mencapai
    tujuan perusahaan maka karyawan harus diberikan motivasi agar karyawan
    merasa dirinya sebagai pekerja yang dihargai atas jasa dan kontribusinya
    dalam meningkatkan target perusahaan.
  2. Interest (keinginan)
    Perilaku seseorang pada umumnya dimotivasi oleh keinginan untuk
    memperoleh tujuan tertentu. Motivasi merupakan hal yang penting untuk
    diperhatikan, karena dengan motivasi seorang karyawan atau pegawai
    akan dapat memiliki semangat yang tinggi dalam melaksanakan tugas
    yang dibebankan. Tanpa adanya motivasi maka seorang karyawan tidak
    dapat memenuhi tugas-tugasnya dengan baik, hasil kerja yang dihasilkan
    pun tidak akan memuaskan.
  3. Decision (keputusan)
    Kompetensi karyawan yaitu suatu hal untuk melaksanakan tugas atau
    pekerjaan karyawan yang didasari pengetahuan serta keterampilan yang
    didukung sikap kerja yang baik dalam pelaksanaan dan pengambilan
    keputusan pekerjaan tersebut. Keterampilan dan pengetahuan yang
    diperlukan karyawan ditunjukkan oleh kemampuan karyawan dengan
    konsistensi yang akan memberikan tingkat kinerja tinggi dalam suatu
    fungsi pekerjaan.
  4. Action (Tindakan)
    Orang-orang yang terlibat pada organisasi dalam menjalankan aktivitasnya
    membutuhkan berbagai kemampuan. Seorang individu dapat mencapai
    kinerja yang memuaskan tergantung pada kemampuan kerjanya, karena
    kemampuan kerja menunjukkan potensi seseorang untuk melaksanakan
    aktivitas kerjanya. Untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan, seseorang
    harus memiliki derajat kesediaan dan tingkat kemampuan tertentu.
    Kesediaan dan keterampilan seseorang tidaklah cukup efektif untuk
    mengerjakan sesuatu tanpa pemahaman yang jelas tentang apa yang akan
    dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya.
  5. Satisfaction (kepuasan)
    Perusahaan harus bisa mendorong sumber daya manusia agar tetap
    produktif dalam mengerjakan tugasnya masing-masing yaitu dengan
    meningkatkan kepuasan kerja para karyawan, sehingga perusahaan dapat
    mempertahankan karyawannya, dan dalam melaksanakan tugas yang
    diberikan oleh perusahaan karyawan akan menjadi lebih bertanggung
    jawab. Untuk itu pentingnya perusahaan memberikan motivasi kepada
    karyawannya, sehingga pada diri mereka timbul keinginan untuk bekerja
    sesuai tuntutan dari perusahaan

No comments:

Post a Comment