Manajemen pemasaran
merupakan usaha sadar untuk menghasilkan pertukaran yang diinginkan dalam pasar
yang dituju. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, perlu didasari filosofi yang
matang untuk pemasaran yang efektif, efisien, dan bertanggung jawab.
Terdapat beberapa
pengertian mengenai pemasaran yang dikemukakan oleh pakar pemasaran dilihat
dari sudut tinjauan yang berbeda, diantaranya yaitu :
·
Menurut
Kotler (2007): “ Marketing
is a social and managerial process by which individuals and groups obtain what
they need and want through creating, offering and exchanging products of value
with others.”
·
Ahli pemasaran
Schoell dan Guiltinan (1995) mendefinisikan pemasaran adalah : “Marketing is the process of planning and
executing the conception, pricing, promotion and sevices to create exchanges
that satisfy individual and organizational objectives”
Menurut Kotler
(2007) konsep pemasaran yang mendasari cara organisasi melakukan pemasarannya
ada 6 :
1.
Konsep berwawasan
produksi
Konsep ini berpendapat bahwa
konsumen akan memilih produk yang mudah didapat dan murah harganya.
2.
Konsep berwawasan
produk
Konsep ini berpendapat bahwa
produk yang bermutu, kinerja dan hal-hal inovatif lainnya yang akan dipilih
oleh konsumen.
3.
Konsep berwawasan
penjualan
Konsep ini berpendapat bahwa
konsumen enggan untuk membeli dan harus didorong supaya membeli, terkecuali
perusahaan yang menjalankan suatu usaha promosi dan penjualan efektif untuk merangsang
pembelian
4.
Konsep berwawasan
pemasaran
Konsep ini berpendapat bahwa
kunci untuk mencapai tujuan perusahaan terdiri dari penentu kebutuhan dan
keinginan pasar serta memberukan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektid
dan efisien, dibandingkan kompetitor. Konsep ini bersandar pada empat pilar
utama, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran yang terkoordinir
serta keuntungan.
5.
Konsep berwawasan
konsumen
Konsep ini beranggapan bahwa
untuk meningkatkan penjualan maka perusahaan harus berfokus pada kebutuhan dan
keinginan konsumen serta dapat menaikkan loyalitas konsumen
6.
Konsep berwawasan
pemasaran bermasyarakat
Konsep ini beranggapan bahwa
tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan serta kepentingan pasar
sasaran dan memenuhinya dengan lebih efektif serta lebih efisien dibandingan
dengan kompetitor dengan cara mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan
konsumen dan masyarakat.
No comments:
Post a Comment