Ada 2 konsep segmentassi yaitu konsep pendekatan
apriori dan pendekatan post-hoc (Kasali, 2007).
Pada pendekatan Apriori, segmen ditentukan diawal sebelum dilakukan survei,
bahkan sebelum barang dijual atau data pembeli yang sebenarnya dikumpulkan.
Sedangkan post-hoc adalah pendekatan yang berorientasi pada suatu jangkauan
tertentu.
Secara garis besar ada dua metode yang lazim dipakai
dalam riset-riset segmentasi post-hoc dewasa ini, yaitu metode dependensi dan
metode interdependensi. Dalam metode dependensi, segmen-segmen dihasilkan
karena ada hubungan antara variabel terikat dengan sejumlah variabel bebas.
Variabel terikat ini haruslah sesuatu yang mencerminkan tindakan konsumen yang
penting bagi kegiatan usaha. Dan dalam hal ini peneliti harus percaya ada
variabel-variabel lain yang mendorong konsumen melakukan tindakan-tindakan itu.
Variabel-variabel itu adalah variabel bebasm seperti usia, gender, pendidikan,
pemkaian dan sebagainya.
Pada metode interdepensi, segmentasi hanya dibentuk
oleh variabel-variabel bebas. Dalam metode ini, variabel-variabel bebas tidak
dikaitkan dengan variabel terikat yang harus dijelaskan atau diprediksi.
Objektifnya adalah menemukan kelompok-kelompok konumen yang memiliki kesamaan
respon terhadap variabel-variabel bebas tertentu. Contoh dari metode ini adalah
analisis cluster.
No comments:
Post a Comment